Advertisement

Indonesia Jadi Ketua ASEAN Tahun Depan, Keanggotaan Timor Leste Jadi Prioritas

Newswire
Jum'at, 22 Juli 2022 - 07:07 WIB
Arief Junianto
Indonesia Jadi Ketua ASEAN Tahun Depan, Keanggotaan Timor Leste Jadi Prioritas Ilustrasi ASEAN. - ASEAN

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA -- Bergabungnya Timor Leste menjadi anggota ASEAN akan menjadi prioritas Indonesia yang akan menjalankan perannya sebagai Ketua ASEAN pada 2023. Indonesia akan menjabat ketua ASEAN selama satu tahun penuh.

“Tahun depan yang juga menjadi salah satu prioritas Indonesia adalah mencoba meyakinkan negara-negara anggota ASEAN lainnya untuk dapat menerima Timor Leste sebagai anggota baru,” kata Juru Bicara Kementerian Luar Negeri, Teuku Faizasyah, Kamis (21/7/2022).

BACA JUGA: Pemkot Jogja Dorong Koperasi Konvensional Beralih ke Modern

PROMOTED:  YouGov: Tokopedia Jadi Brand Paling Direkomendasikan Masyarakat Indonesia

Menurut Faizasyah, keanggotaan Timor Leste ke ASEAN adalah proses diplomasi yang masih terus berjalan. “Kita Kami pastikan dari sisi hubungan bilateral Indonesia memberikan bantuan kesiapan, tetapi secara pasti Indonesia akan terus menunggu dan memberikan dukungannya,” ujar dia.

Sebelumnya, Presiden Timor Leste, Jose Ramos Horta mengapresiasi dukungan Indonesia terhadap Timor Leste yang ingin menjadi anggota ASEAN. "Terima kasih saya ucapkan kepada pemerintah Indonesia yang mendukung Timor Leste untuk bisa bergabung menjadi anggota ASEAN," ujar Ramos Horta dalam pidato yang digelar oleh Foreign Policy Community of Indonesia di Jakarta, Kamis.

Dia menargetkan Timor Leste dapat bergabung menjadi anggota ASEAN pada 2023, bertepatan dengan masa keketuaan Indonesia untuk perhimpunan tersebut.

"Timor Leste sudah memenuhi seluruh syarat untuk menjadi anggota ASEAN. Kami siap menjadi anggota ASEAN dengan segala pencapaian yang dimiliki oleh Timor Leste," kata Ramos Horta.

BACA JUGA: Kasus Covid-19 di Jogja Naik Lagi, Begini Tanggapan Sultan

Pada 2023, lanjut dia, adalah momen yang tepat bagi Timor Leste untuk dapat bergabung ke dalam ASEAN. "Pada 2023, Indonesia menjadi Ketua ASEAN. Apabila Timor Leste dapat menjadi anggota ASEAN, maka hal ini menjadi titik kulminasi dari sebuah hubungan antara Timor Leste dengan Indonesia," kata dia.

Advertisement

Selama berada Indonesia, Ramos Horta telah bertemu dengan Presiden Joko Widodo dan berkunjung ke Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) dan Muhammadiyah.

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Advertisement

alt

Sesalkan Pernyataan ORI soal Seragam, Berikut Respons Beberapa Sekolah di Sleman

Sleman
| Selasa, 27 September 2022, 19:07 WIB

Advertisement

alt

Suka Liburan, Yuk Patuhi 5 Etika Saat Berwisata

Wisata
| Senin, 26 September 2022, 22:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement