Advertisement

2 Sapi Kurban Jokowi di Solo Dipotong Minggu

Kurniawan
Sabtu, 09 Juli 2022 - 18:47 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
2 Sapi Kurban Jokowi di Solo Dipotong Minggu Sapi berbobot 1 ton lebih yang menjadi sapi kurban Presiden Jokowi di Masjid Agung Solo.

Advertisement

Harianjogja.com, SOLO — Presiden Joko Widodo (Jokowi) berkurban dua sapi di Kota Solo, Jawa Tengah. Dua sapi tersebut diserahkan ke Masjid Al Wustho Mangkunegaran dan juga Masjid Agung Keraton Solo.

Kurban sapi orang nomor satu di Indonesia telah tiba di Masjid Al Wustho pada Jumat (8/7/2022) pukul 22.00 WIB. Sedangkan untuk di Masjid Agung Keraton Solo, hewan kurban mantan Wali Kota Solo itu tiba pada Sabtu (9/7/2022) pukul 13.30 WIB.

Advertisement

Dua sapi kurban Jokowi ini terbilang berbobot. Untuk sapi yang dikurbankan di Masjid Al Wustho berjenis Simental dengan berat 953 Kilogram.

Lalu, untuk hewan kurban sapi Jokowi di Masjid Agung Keraton Solo berjenis Limosin dengan berat 1.010 Kilogram. Harga sapi itu menurut keterangan pemiliknya, Harun Alrosid, sebesar Rp100 juta.

“Tahun kemarin sudah ditawar Rp85 juta tapi belum siap jual,” jelas Harun Alrosid via ponsel.

Baca juga: Presiden Jokowi Salurkan Sapi Kurban ke 34 Provinsi

Peternak asal Boyolali, Jawa Tengah itu, merasa bangga salah satu ternaknya dibeli oleh Presiden Jokowi untuk beribadah kurban. “Sapi saya berjenis Limosin dengan berat 1,01 ton atau 1.010 Kilogram. Saya kirim habis Zuhur,” aku dia.

Harun menjelaskan untuk menjaga kesehatan dan kebugaran sapi, pihaknya rutin menyemprotkan cairan disinfekan setiap pagi dan sore. Dia rutin memberikan vitamin tiga hari sekali melalui suntik, dan kandang dibersihkan.

“Yang penting juga sterilisasi pengunjung, tidak ada yang boleh melihat. Ini kasus PMK [penyakit mulut kuku] kan merebak, biar aman semua lah. Sebenarnya sudah sejak dulu seperti itu, ini hanya tambah vitamin,” terang dia.

Menurut rencana, dua hewan kurban milik Jokowi itu akan disembelih pada Minggu (10/7/2022) setelah pelaksanaan salat Iduladha.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Solopos

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Mudik Lebaran, Gunungkidul Bakal Dijejali 154.000 Kendaraan

Gunungkidul
| Kamis, 28 Maret 2024, 18:07 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement