Advertisement

PDI Perjuangan Belum Pikirkan Pengganti Tjahjo Kumolo

Newswire
Senin, 04 Juli 2022 - 13:37 WIB
Jumali
PDI Perjuangan Belum Pikirkan Pengganti Tjahjo Kumolo Tjahjo Kumolo - Antara/Nova Wahyudi

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA — DPP PDI Perjuangan belum memikirkan nama pengganti untuk menjadi calon pengganti Menteri PAN-RB, Tjahjo Kumolo, yang meninggal dunia pada Jumat pekan lalu (1/7/2022).

Ketua DPP PDI Perjuangan, Djarot S Hidayat, menyatakan hal itu dan saat ini partai politik itu masih berduka atas sepeninggalan anggota kabinet itu, yang adalah salah satu kader senior partai berlambang banteng moncong putih itu.

Advertisement

"Belum, kita masih dalam suasana berduka ya karena Pak Tjahjo ini seorang tokoh yang hidupnya, pengabdiannya betul-betul untuk bangsa negara dan senior partai yang bener-bener membantu Ibu Megawati dan membesarkan PDI Perjuangan," kata dia, kepada wartawan di DPP PDI Perjuangan di Jalan Diponegoro, Jakarta Pusat, Senin (4/7/2022).

Ia mengatakan, Presiden Joko Widodo memiliki kewenangan penuh untuk menunjuk pengganti. "Tentu saja kita sadari maklumi bahwa itu adalah kewenangan dari Pak Jokowi," kata dia.

Ia mengatakan, PDI Perjuangan sejak awal tidak pernah mengusulkan opsi-opsi nama menteri kepada Jokowi. Ia menyebut partai politik itu juga tidak pernah meminta-minta jatah menteri ke Jokowi dan mengklaim mereka selalu menyerahkan urusan menteri kepada kepala pemerintahan itu.

"Kami tidak pernah meminta-minta jatah kami. Serahkan semua kepada Pak Jokowi untuk kebaikan negeri ini supaya mereka semua ini para pembantu presiden itu betul-betul bisa bekerja keras untuk mewujudkan visi misi Pak Jokowi dan mewariskan yang baik bagi bangsa kita ini termasuk di Kementerian PAN RB," ujarnya.

Mantan Gubernur DKI Jakarta sekaligus anggota Komisi IV DPR itu menyebut PDI Perjuangan secara total mendukung Jokowi secara total karena dia adalah kader partai politik. "Jadi kami kerja samanya bukan kerja sama secara pragmatis ya. Kami mendukung Pak Jokowi itu betul-betul mendukung yang total," katanya.

Tjahjo Kumolo meninggal dunia pada Jumat (01/07). Almarhum sempat menjalani perawatan di RS Abdi Waluyo sejak 20 Juni 2022. Dia kemudian dimakamkan secara militer pada Jumat sore di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta Selatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal Buka Puasa untuk wilayah Jogja dan Sekitarnya Hari Ini, Jumat 29 Maret 2024

Jogja
| Jum'at, 29 Maret 2024, 16:57 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement