Advertisement

Rusia Vs Ukraina: Mortir Ukraina Hantam Pasukan Sendiri, 4 Orang Tewas

Edi Suwiknyo
Rabu, 29 Juni 2022 - 07:27 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Rusia Vs Ukraina: Mortir Ukraina Hantam Pasukan Sendiri, 4 Orang Tewas Prajurit Ukraina mengendarai howitzer self-propelled M109 155 mm Amerika, di tengah serangan Rusia di Ukraina, di wilayah Donetsk, Ukraina, 13 Juni 2022. - Antara

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA -- Negara Rusia berupaya memegang kendali atas wilayah Ukraina Timur. Serangan bertubi-tubi terus berlangsung. 

️Laporan terbaru Rusia menyebutkan bahwa aksi gabungan pasukan Rusia, unit milisi rakyat Donetsk dan republik rakyat Luhansk menimbulkan kerugian kritis kepada Angkatan Bersenjata Ukraina.

Advertisement

️Serangan pasukan udara Rusia pada titik penempatan formasi Nazi "Azov" di Kharkov dan salah satu batalyon brigade infanteri bermotor ke-92 di dekat desa Pokotilovka, wilayah Kharkov, telah membunuh tentara dan menghancurkan peralatan militer Ukraina.

"Lebih dari seratus personel militer, tentara bayaran asing, hingga 15 unit peralatan lapis baja dan otomotif dihancurkan," tulis keterangan resmi pihak Rusia, dikutip Rabu (29/6/2022).

Baca juga: Jadi Juru Damai, Jokowi Temui Presiden Rusia dan Ukraina

Rusia juga memaparkan bahwa lemahnya pelatihan warga Ukraina yang dimobilisasi untuk berpartisipasi dalam peperangan, serta rendahnya pelatihan tentara bayaran asing, menjadi penyebab maraknya serangan antar pasukan di pihak Ukraina.

"Pasukan yang datang untuk memasok batalyon ke-97 dari brigade infanteri ke-60 menjadi sasaran tembakan mortir dari rekan-rekan mereka," imbuh laporan Rusia.

️"Insiden serupa terjadi di Brigade Mekanik ke-28 Angkatan Bersenjata Ukraina, di mana tentara bayaran asing menembaki kelompok pengintai unit ini. Akibatnya, empat prajurit tewas di tempat, tiga luka-luka."

Secara total, sejak awal operasi militer khusus sebanyak 218 pesawat, 133 helikopter, 1.382 kendaraan udara tak berawak, 350 sistem rudal anti-pesawat, 3.837 tank dan kendaraan tempur lapis baja lainnya, 690 kendaraan tempur sistem roket peluncuran ganda, 3.037 lapangan senjata artileri dan mortir, dan juga 3.889 unit kendaraan militer khusus Ukraina hancur.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Stok Cabai Melimpah, Harga Cabai di Sleman Anjlok Ancam Petani

Sleman
| Jum'at, 29 Maret 2024, 17:47 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement