Advertisement

Klaten Dapat Lokasi 2.200 Dosis Vaksin PMK

Jumali
Selasa, 28 Juni 2022 - 14:47 WIB
Jumali
Klaten Dapat Lokasi 2.200 Dosis Vaksin PMK Ilustrasi - Harian Jogja/Catur Dwi Janati

Advertisement

Harianjogja.com, KLATEN — Vaksinasi Penyakit Mulut Kuku (PMK) untuk sapi ternak di Kabupaten Klaten digelar serentak, Selasa (28/6/2022), di lima wilayah Pusat Kesehatan Hewan (Puskeswan).

Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan, Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Klaten Triyanto mengatakan, Kabupaten Klaten mendapatkan alokasi vaksin PMK sebanyak 2.200 dosis. Vaksin tersebut kemudian dibagi di lima wilayah layanan Puskeswan.

Advertisement

“Saat ini proses skrining terus dilakukan untuk ternak yang akan divaksin. Sebanyak 2.200 dosis ini diprioritaskan untuk ternak sapi,” katanya dikutip dari Jatengprov, Selasa (28/6/2022).

Ia menjelaskan, vaksin tersebut merupakan bantuan dari Pemerintah Provinsi Jawa Tengah. Namun, jumlahnya belum mencukupi untuk populasi ternak sapi di Klaten yang mencapai 116.000 ekor.

“Vaksinasi PMK dikhususkan bagi ternak sapi yang sehat dan tidak tertular PMK, serta ternak yang masa pemeliharaannya lama, seperti pedet (anakan sapi) dan sapi betina,” katanya.

Triyanto menambahkan, untuk sapi yang menjadi suspek PMK, justru tidak diberikan vaksinasi, namun difokuskan pada penanganan penyakitnya. Termasuk sapi yang akan dijadikan sebagai hewan kurban saat Iduladha mendatang.

“Petugas Keswan masih melakukan pendataan titik vaksinasinya bersama dengan petugas PPL (Penyuluh Pertanian Lapangan). Satu dosis untuk satu ekor, rencananya akan tiga kali dosis dengan waktu vaksinasi yang sudah ditentukan,” ungkapnya.

Ditambahkan, dalam pembagian vaksinasi, Puskeswan Jatinom mendapat 600 dosis, Puskeswan Karangnongko 600 dosis, Puskeswan Jogonalan 500 dosis, Puskeswan Trucuk 400 dosis, Puskeswan Kota ditambah wilayah Delanggu, Polanharjo, Wonosari, dan Juwiring 100 dosis.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jual Miras, Toko di Berbah Ditutup

Sleman
| Selasa, 16 April 2024, 19:27 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement