Advertisement

Erick Thohir Jadi Ketua Panitia Satu Abad NU & Matangkan 9 Program Utama

Media Digital
Jum'at, 17 Juni 2022 - 15:27 WIB
Budi Cahyana
Erick Thohir Jadi Ketua Panitia Satu Abad NU & Matangkan 9 Program Utama Erick Thohir - Instagram @erickthohir

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir bergerak cepat mempersiapkan pelaksanaan peringatan satu abad Nahdlatul Ulama (NU).

Berdasarkan Surat Keputusan PBNU bernomor 66/A.11.04/06/2022 tentang Pengangkatan dan Pengesahan Panitia Peringatan Satu Abad NU, Erick mendapat amanah menjadi Ketua Pengarah (SC) dalam harlah NU tersebut.

Advertisement

BACA JUGA: PCR Negatif, Semua Calon Haji dari Gunungkidul Berangkat

Tema Merawat Jagat, Membangun Peradaban, ucap Erick, diambil sebagai langkah besar NU dalam menghadapi sejumlah tantangan antara lain menjaga tradisi keagamaan yang mengayomi semua, di tengah ekstremisme ideologi; memperkuat umat agar mampu secara optimal berkontribusi terhadap dunia yang lebih adil dan berkeadaban; terlibat aktif dalam kepemimpinan dunia yang berkeadaban; adaptasi terhadap pesatnya pertumbuhan ilmu dan teknologi yang mengedepankan kepentingan kemanusiaan; serta keterlibatan dalam menghadapi krisis iklim yang mengglobal.

“Akan ada sembilan program utama dalam rangkaian peringatan satu abad NU yang dimulai Juni nanti dan puncaknya, resepsi satu abad NU di Gelora Bung Karno, Jakarta, pada Februari 2023," ujar Erick di Jakarta, Jumat (17/7/2022).

Erick memaparkan kesembilan program dalam harlah NU meliputi NU Tech, Pembentukan NU Women, Festival Tradisi Islam Nusantara, Anugerah Tokoh Nahdlah, Pekan Olahraga NU, Religion of Twenty\ (R-20), Launching Gerakan Kemandirian NU, Muktamar Fiqih Peradaban, dan Resepsi Satu Abad NU.

Erick menyampaikan peringatan satu abad NU merupakan momen yang sangat bersejarah mengingat perjuangan NU dalam menjaga dan mengawal republik ini. Erick menyebut NU ingin mendorong keberpihakan terhadap isu-isu terkini yang terkandung dalam program utama tersebut.

Dalam acara akbar tersebut, ucap Erick, NU juga akan berkolaborasi dengan BUMN dan swasta. Panitia BUMN membentuk skema dukungan kegiatan Satu Abad Nahdlatul Ulama dengan

menggunakan rekening bersama dengan tetap mempertimbangkan asas transparasi dan Good Corporate Governance.

"Terbuka juga untuk masyarakat yang ingin berpartisipasi baik melalui private sector atau perseorangan dalam rangka menjadi bagian sejarah event besar Satu Abad NU," ucap Ketua Umum Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) tersebut.

Dalam NU Tech, ucap Erick, Telkom dan Telkomsel akan menggelar lokakarya untuk kiai dan santri NU, guna mendorong potensi digital dan menghasilkan inovasi untuk kemaslahatan umat. Sementara launching Gerakan Kemandirian NU akan menghadirkan inovasi ekonomi keumatan dan environmental sustainibility melalui program NU Mart, Santripreneur yang terdiri atas Pesantren Based Vocational Education dan Wirausaha Muda Santri; serta Digitalisasi Lazisnu.

Erick menyampaikan, harlah NU juga akan menggelar Religion of Twenty (R-20) yang merupakan forum dialog para pemimpin agama-agama dunia, terutama negara-negara anggota G20 yang rencananya dihelat di Jakarta atau Bali pada Oktober 2022.

BACA JUGA: Pemuliaan Alun-Alun Utara Menuju Warisan Budaya Dunia

"Nantinya akan ada panel diskusi untuk menyelesaikan berbagai kemelut yang melanda dunia. NU bisa berperan secara bermakna untuk mengatasi masalah kemanusiaan dan peradaban global. Kerja sama dengan organisasi keagamaan internasional," kata Erick.

Dengan dukungan solid dari para kiai dan santri, Erick yakin pagelaran satu abad NU akan berlangsung sukses dan memberikan dukungan besar dalam pemulihan ekonomi Indonesia. (***)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal Bus Damri dari Jogja-Bandara YIA, Bantul, Sleman dan Sekitarnya

Jogja
| Jum'at, 29 Maret 2024, 04:37 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement