Advertisement

Guntur Soekarnoputra Jadi Makcomblangnya Megawati dengan Suami Pertama

Bernadheta Dian Saraswati
Jum'at, 17 Juni 2022 - 13:27 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Guntur Soekarnoputra Jadi Makcomblangnya Megawati dengan Suami Pertama Megawati Soekarnoputri. - ANTARA FOTO/Fikri Yusuf

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA-Guntur Soekarnoputra disebut-sebut menjadi makcomblang alias orang yang menjodohkan adiknya, Megawati Soekarnoputri dengan Kapten Surindro Supjarso. Guntur dan Surindro merupakan sahabat karib.

Hasil perjodohan itu membuahkan hasil. Megawati dan Surindro akhirnya menikah dan resepsi pernikahannya berlangsung 1 Juni 1968. 

Advertisement

Dilansir dari Wikipedia, Surindro merupakan seorang perwira pertama di Angkatan Udara Indonesia. Di kalangan teman-temannya pria yang berasal dari Sulawesi ini justru sering disapa dengan Pacul atau Mas Pacul. 

Sayangnya rumah tangga Surindro dan Megawati hanya bertahan sekitar dua tahun setelah Surindro dinyatakan hilang saat membawa pesawat di Biak. Surindro mengalami kecelakaan di perairan Biak, Irian Jaya saat tengah mempiloti pesawat Skyvan T-701. Ia dinyatakan meninggal pada 22 Januari 1970.

Hingga kini, jasadnya tidak ditemukan. Muncul gosip di masyarakat terutama di kalangan pendukung Soekarno bahwa hilangnya Surindro berkaitan dengan penguasa rezim Orde Baru saat itu.

Dari pernikahan pertamanya dengan Surindro, Megawati memiliki dua anak yakni Muhammad Rizki Pratama dan Muhammad Prananda Prabowo. Surindro meninggal saat anak keduanya masih dalam kandungan. 

Baca juga: Mengenal Surindro, Suami Pertama Megawati yang Hilang Hingga Sekarang

Pada 27 Juni 1972, Megawati menikah dengan seorang diplomat Mesir bernama Hassan Gamal Ahmad Hassan. Namun pernikahan itu dibatalkan oleh Pengadilan Agama kurang dari 3 bulan kemudian.

Pada 25 Maret 1973, Megawati kemudian menikah dengan Taufiq Kiemas dan dikaruniai anak perempuan bernama Puan Maharani yang saat ini duduk sebagai Ketua DPR RI. Taufiq Kiemas meninggal dunia pada 8 Juni 2013. 

Saat ini nama suami pertama Megawati, Surindro diabadikan menjadi nama Gedung ACMI Kapten Pnb Anumerta Surindro Supjarso di Lanud Iswahjudi Madiun Jawa Timur oleh Ketua DPR RI Puan Maharani. Peresmian gedung tersebut turut dihadiri dua putra Kapten Pnb Anumerta Surindro yakni Muhammad Rizki Pratama dan Muhammad Prananda Prabowo. Sementara itu Presiden Ke-5 RI Megawati Sukarnoputri mengikuti peresmian secara virtual.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Libur Panjang Paskah, Daop 6 Jogja Operasikan 5 KA Jarak Jauh Tambahan

Jogja
| Jum'at, 29 Maret 2024, 18:37 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement