Advertisement

Airlangga Hartarto: KIB Bersifat Inklusif

Media Digital
Senin, 13 Juni 2022 - 19:37 WIB
Arief Junianto
Airlangga Hartarto: KIB Bersifat Inklusif Airlangga Hartarto. - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Ketua Umum (Ketum) Partai Golkar, Airlangga Hartarto menegaskan Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) bersifat inklusif.

Dia mengatakan, baik Golkar, PAN, maupun PPP terbuka dengan partai manapun yang ingin bergabung. Menurut Airlangga, KIB membuka pintu selebar-lebarnya bagi seluruh partai, termasuk partai nonparlemen.

Advertisement

"Semua termasuk. Jadi yang di parlemen maupun nonparlemen terbuka, karena sifatnya inklusif," ujar Airlangga melalui rilis, Senin (13/6/2022).

BACA JUGA: Ini Daftar 20 Wanita Terkuat di Indonesia, Ada Megawati dan Najwa Shihab

Saat ditanya soal calon presiden yang ingin diusung KIB, Airlangga mengaku belum ingin membahasnya. Dia mengatakan, pada waktunya nanti, KIB pasti akan mengumumkan pasangan calon yang akan diperjuangkannya di Pilpres 2024.

"Itu [pengusungan calon Presiden] belum dibahas. Nanti dibahas pada waktunya," kata dia.

Airlangga menambahkan, KIB memiliki target yang ingin diraih baik secara jangka pendek, maupun jangka panjang. Menteri Koordinator Bidang Perekonomian ini mengatakan, target jangka pendek yang ingin dilakukan KIB yakni memberikan masukan terkait dengan program pembangunan yang sedang berjalan dan akan dilakukan untuk pemerintah.

“Jangka panjang, tantangan Indonesia kan middle income trap, jadi harus dibuat program untuk bagaimana Indonesia bisa lolos dari middle income trap," tegas Airlangga.

Ketum Golkar juga menyatakan, partainya siap bekerja dengan siapapun yang akan ditunjuk Presiden Joko Widodo jika terjadi perombakan kabinet. "Dengan semua siap. Di luar kabinet siap. Siap [di dalam kabinet] bekerja dengan seluruh [anggota] kabinet," ujar Airlangga.

Golkar menegaskan perombakan kabinet merupakan hak prerogratif Presiden. Namun, Airlangga mengaku tidak ada bocoran soal reshuffle kabinet yang akan dilakukan Presiden Jokowi. "Tanya saja kepada Presiden," kata Airlangga.

Beredar kabar, sejumlah elite politik memperkirakan Presiden Joko Widodo akan melakukan perombakan kabinet Rabu (15/6/2022). Partai anggota KIB, PAN disebut berpeluang kuat masuk kabinet.

PAN bahkan sudah diajak dan dikenalkan dalam kabinet pada Agustus 2021 lalu. Hingga saat ini, PAN yang menyatakan bergabung dengan pemerintah belum mendapat posisi dalam Kabinet Indonesia Maju.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Rute Bus Trans Jogja, Cek di Sini, Jangan Salah Pilih

Jogja
| Jum'at, 29 Maret 2024, 04:17 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement