Advertisement

Bantu Ukraina, Bank Dunia Siapkan Paket Bantuan Rp43,09 Triliun

Leo Dwi Jatmiko
Rabu, 02 Maret 2022 - 18:07 WIB
Budi Cahyana
Bantu Ukraina, Bank Dunia Siapkan Paket Bantuan Rp43,09 Triliun Presiden Bank Dunia David Malpass - Reuters/James Lawler Duggan

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Bank Dunia menyiapkan paket bantuan senilai Rp43,09 triliun (US$3 miliar) untuk Ukraina yang saat ini dilanda perang dengan Rusia. Sebanyak Rp5,02 triliun (US$350 juta) berupa dana segar.

Dilansir dari NDTV, Rabu (2/3/2022), Presiden Bank Dunia David Malpass mengatakan untuk bantuan tahap pertama, rencananya disalurkan pada minggu ini setelah mendapat persetujuan dari dewan.

Advertisement

Bantuan tahap pertama diantaranya dalam bentuk dukungan untuk kesehatan dan pendidikan dengan nilai mencapai US$200 juta.

International Monetary Fund (IMF) atau Dana Moneter Internasional dan Bank Dunia dalam beberapa hari terakhir juga berjanji untuk memberikan dukungan lebih lanjut ke Ukraina. Keduanya terus bergerak cepat untuk mewujudkan janji itu.

IMF, yang memiliki program pembiayaan US$2,2 miliar dengan Ukraina, akan mempertimbangkan permintaan terbaru negara itu untuk pembiayaan darurat.

"Kami sangat terkejut dan sedih dengan korban jiwa dan ekonomi yang hancur akibat perang di Ukraina," kata mereka.

Kelompok tujuh menteri keuangan dan gubernur bank sentral bertemu Selasa pagi (1/2) dan berjanji untuk memobilisasi dukungan untuk Kyiv sambil mempertimbangkan langkah-langkah tambahan untuk lebih mengisolasi Moskow.

Harga minyak telah melonjak menjadi lebih dari 106 dolar AS per barel pada Selasa karena pertempuran semakin intensif dan ratusan ribu orang meninggalkan Ukraina.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Cek Jadwal Pelayanan SIM untuk Wilayah Sleman Cek di Sini

Sleman
| Kamis, 20 Juni 2024, 09:27 WIB

Advertisement

alt

Indonesia Punya Pantai Terbaik untuk Berselancar, Ini Daftarnya

Wisata
| Senin, 17 Juni 2024, 15:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement