Advertisement

Cara Menuju Pasar Kembang untuk Cicipi Durian Merapi

Galih Eko Kurniawan
Rabu, 02 Februari 2022 - 07:57 WIB
Galih Eko Kurniawan
Cara Menuju Pasar Kembang untuk Cicipi Durian Merapi Pembeli berburu durian di Pasar Kembang, Kecamatan Kemalang, Klaten, Selasa (1/2/2022). - JIBI/Solopos - Taufiq Sidik Prakoso

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Banyak warga Jogja kini mendatangi Pasar Kembang di Desa Keputran, Kecamatan Kemalang, Klaten, Jawa Tengah untuk mencicipi durian Merapi. Lalu, bagaimana cara menuju ke Pasar Kembang Klaten?

Perlu diketahui, sentra pedagang durian berada tak jauh dari pusat Pasar Kembang. Bila sudah sampai, akan ditemui para pedagang durian yang berderet di sepanjang jalan masuk kampung hingga pekarangan rumah warga.

Bila dari Jogja, Anda bisa mengambil jalur lewat jalan raya Jogja-Solo atau jalan raya Manisrenggo-Kemalang. Bila lewat Jalan Jogja-Solo, arahkan kendaraan Anda sampai ke pertigaan Jalan Kaliworo Jogonalan, Klaten.

PROMOTED:  Resmikan IKM di Umbulharjo, Dinas Perinkopukm Jogja Berharap IKM Naik Kelas

Setelah itu, silakan belok kiri menyusuri Jalan Kaliworo. Lurus terus ke arah utara sampai ke pertigaan Jalan Manisrenggo-Kemalang. Tetap ambil jalur ke utara di Jalan Manisrenggo-Kemalang kemudian belok kanan ikuti jalan sampai di perempatan Deles Indah.

Berganti di Jalan Deles Indah, arahkan kendaraan Anda ke area Pasar Kembang di Kemalang, Klaten. Begitu pula bila Anda melalui Jalan Manisrenggo-Kemalang dari arah Jogja, tinggal ikuti jalan raya menuju Deles Indah.

Salah satu pedagang durian di Pasar Kembang, Ransih, 54, mengatakan saat ini kembali memasuki musim panen durian. Durian yang dijual pedagang di pasar itu merupakan durian hasil panen petani di wilayah lereng Gunung Merapi di Klaten.

Ransih mengatakan selama ini Pasar Kembang sudah dikenal menjadi salah satu tempat berburu durian di Klaten. Saat hari libur tiba seperti Sabtu-Minggu atau hari libur lainnya, pembeli dari berbagai daerah berdatangan.

Kondisinya kian ramai ketika memasuki hari pasaran Pasar Kembang yang jatuh saban Pahing. “Kalau jumlah durian yang terjual tidak pasti. Saat ramai itu saya bisa sampai 100 buah durian,” ucapnya.

Ransih menjamin durian yang dijual pedagang di Pasar Kembang lebih murah ketimbang durian yang dijual di wilayah kota. Pasalnya, durian yang dijual di Pasar Kembang didatangkan langsung dari para petani dan kerap menjadi tempat kulakan pedagang durian dari berbagai daerah.

Advertisement

Sumber : JIBI/Solopos

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Advertisement

alt

Bisnis Kerajinan Celengan Karakter Berbahan Gipsum di Bantul Datangkan Untung Jutaan Rupiah

Bantul
| Selasa, 04 Oktober 2022, 00:27 WIB

Advertisement

alt

Rasakan Sensasi Makan Nasgor Bercitarasa Tengkleng ala Grage Ramayana Hotel

Wisata
| Senin, 03 Oktober 2022, 07:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement