Advertisement

Anies Baswedan: Jakarta Tetap Macet meski Ibu Kota Negara Dipindah

Indra Gunawan
Sabtu, 29 Januari 2022 - 03:27 WIB
Budi Cahyana
Anies Baswedan: Jakarta Tetap Macet meski Ibu Kota Negara Dipindah Kendaraan terjebak kemacetan di Jalan Gatot Subroto dan Tol Dalam Kota, Jakarta, Senin (24/1/2022). Pemerintah resmi memperpanjang PPKM Jawa-Bali hingga 31 Januari 2022. - Antara/Akbar Nugroho Gumay

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan Jakarta akan tetap macet meski Ibu Kota Negara (IKN) dipindah ke Kalimantan Timur (Kaltim).

"Jadi tidak akan ada efeknya pada kemacetan di Jakarta, karena kemacetan di Jakarta itu oleh kegiatan rumah tangga, kegiatan dunia usaha, so it doesn`t make that difference," kata Anies dalam saat diskusi  “Format & Tata Kelola Pemerintahan yang Mendukung Jakarta Sebagai Pusat Ekonomi-Bisnis Berskala Global” yang di kanal Youtube Pemprov DKI Jakarta, Kamis (27/1/2022).

Advertisement

Anies menyatakan, tanpa status IKN, Jakarta tetap melayani kegiatan bisnis hingga rumah tangga masyarakat. Menurutnya, Jakarta tak banyak melayani kegiatan pemerintah pusat.

"Jakarta sebenarnya ada Ibu Kota atau tidak ada Ibu Kota, ya kita tetap harus melayani kegiatan bisnis. Tetap kita harus melayani kegiatan rumah tangga, tetap aja itu, karena dalam prakteknya Jakarta itu tidak banyak melayani kegiatan pemerintah pusat," ujarnya.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo berkali-kali mengutarakan alasan pindahnya IKN lantaran beban Jakarta yang sudah terlalu berat. Selain itu, kemacetan Jakarta juga menjadi alasan pemindahan Ibu Kota ke Kalimantan Timur.

Diketahui, DPR secara resmi menyetujui Rancangan Undang-undang (RUU) Ibu Kota Negara (IKN) menjadi UU. Ibu Kota pindah ke Kalimantan akhirnya menjadi kenyataan.

"Apakah RUU tentang ibu kota negara ini, semua anggota menyetujui," tanya Pimpinan Sidang Puan Maharani di Gedung DPR, Selasa (18/1/2022)

"Setuju," jawab anggota yang hadir.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Advertisement

alt

Syawalan ke Ponpes dan Panti Asuhan, Pj. Bupati Kulonprogo Salurkan Bantuan

Kulonprogo
| Kamis, 18 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement