Advertisement

Mengenal Sejarah Satpam, yang Seragamnya Dianggap Mirip Polisi

Bernadheta Dian Saraswati
Kamis, 13 Januari 2022 - 16:07 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Mengenal Sejarah Satpam, yang Seragamnya Dianggap Mirip Polisi Seragam satpam berwarna cokelat yang mirip seragam polisi sehingga membingungkan. / Antararn

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA-Bahasan soal satpam sedang menjadi topik hangat menyusul rencana Polri yang berencana mengubah warna seragam satpam cokelat muda menjadi krem. Tujuan rencana itu untuk menghilangkan kebingungan di masyarakat karena seragam satpam mirip dengan seragam polisi yang sama-sama berwarna cokelat.

Namun terlepas dari urusan seragam, sejak awal satpam dan polisi memang sudah mempunyai keterikatan, yakni satpam dibentuk oleh salah satu tokoh institusi kepolisian.

Advertisement

PROMOTED:  5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak ala Tokopedia Parents

Dilansir dari Instagram @info_satpam.ri, inilah sejarah satpam di Indonesia.

Sejarah satpam ada hubungan dengan kepolisian Repbulik Indonesia atau Polri. Sebab, satpam didirikan oleh Kapolri Jenderal Polisi Awaloedin Djamin yang menjabat pada 1978-1982.

Kala itu ia menyadari terbatasnya jumlah polisi untuk menjaga keamanan sehingga mengusulkan adanya pihak keamanan atau satpam atau securty yang dibiayai oleh kantor. Satpam sendiri merupakan singkatan dari satuan pengamanan.

Dalam bertugas, satpam harus mengikuti sejumlah pelatihan yang mana latihan dasarnya diberikan oleh pihak kepolisian.

Baca juga: Bikin Bingung karena Mirip Polisi, Seragam Satpam Akan Diubah Jadi Krem

Setelah melakukan penelitian dan studi perbandingan, Awaloedin mengeluarkan SK Kapolri No.Pol.: SKEP/126/XII/1980 tentang Pola Pembinaan Satpam.

Advertisement

Selain menyusun satpam untuk kawasan pemukiman dan lingkungan usaha, Sang Kapolri itu juga memutuskan seragam satpam biru-biru untuk lapangan dan biru putih untuk lingkungan perusahaan.

Meski lahirnya satpam tak begitu mulus karena sudah ada jasa pengamanan dari perusahaan swasta, namun setelah Surat Keputusan Kapolri keluar, jumlah anggota satpam meningkat jadi 30.000 di seluruh Indonesia.

Atas jasa Awaloedin sebagai pendiri satpam di Indonesia, ia kemudian dikukuhkan sebagai Bapak Satpam Indonesia pada 30 Desember 1993. 

Advertisement

Itulah sejarah singkat hadirnya satpam di Indonesia. Dan setelah menyimak sejarahnya, jika seragam satpam dan polisi akan dibedakan, apakah Anda setuju?

PROMOTED:  Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Instagram

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Piala Dunia 2022

Advertisement

alt

Prakiraan Cuaca DIY Hari Ini, Sebagian Besar Berawan dan Hujan

Jogja
| Kamis, 01 Desember 2022, 08:57 WIB

Advertisement

alt

Masangin Alkid, Tembus Dua Beringin Bakal Bernasib Mujur

Wisata
| Selasa, 29 November 2022, 15:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement