Kenalkan Profil Ubedilah Badrun, Dosen UNJ Pelapor Gibran dan Kaesang ke KPK

Ubedilah Badrun - @Ubdilahbadrun.official
10 Januari 2022 21:57 WIB Setyo Aji Harjanto News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Nama Dosen Universitas Negeri Jakarta Ubedilah Badrun mencuat pasca-dirinya melaporkan dua anak Presiden Gibran Rakabuming Raka dan Kaesang Pangarep serta anak petinggi grup Sinarmas ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Gibran, Kaesang, dan anak petinggi grup Sinarmas dilaporkan terkait dugaan tindak pidana pencucian uang (TPPU).

Lantas, siapa sebenarnya Ubedilah Badrun?

Ubedilah Badrun merupakan akademisi yang sempat menjadi aktivis 1998. Namanya juga lekat sebagai pengamat sosial dan politik.

Ubedilah Badrun merupakan pria kelahiran  Indramayu, Jawa Barat, 15 Maret 1972.  

Ubedilah menamatkan S1-nya di FPIPS IKIP Jakarta (Universitas Negeri Jakarta / UNJ) (-1998) dan magisternya di Program Pascasarjana Ilmu Politik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Indonesia (UI) (-2003)

Dia merupakan salah satu pendiri Komunitas Perhubungan Senat Mahasiswa se-Jakarta (FKSMJ) pada 23 Maret 1996. Organisasi ini diketahui merupakan  motor penting dalam gerakan reformasi 1998.

Ubedilah Badrun selama ini lebih memilih jadi dosen dan penulis.

Pria yang karib disapa Ubed ini  kerap memberikan pandangan mengenai isu politik dan sosial dalam berbagai kanal nasional seperti stasiun televisi, koran, radio hingga media online lainnya.

Ubedilah Badrun mengajar materi Pengantar Ilmu Politik, Sosiologi Politik, Ekonomi Politik, Budaya Politik dan Sistem Politik Indonesia pada program studi Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial (FIS) Universitas Negeri Jakarta (UNJ).

Sumber : JIBI/Bisnis.com