Advertisement

Gelar Seminar Nasional, UKDW Gandeng 5 Kampus

Media Digital
Senin, 27 Desember 2021 - 14:57 WIB
Jumali
Gelar Seminar Nasional, UKDW Gandeng 5 Kampus Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA - Rencana strategis Universitas Kristen Duta Wacana (UKDW) Yogyakarta “Menuju Entrepreneurial Research University 2023 dengan Peningkatan Kapasitas Internal Terintegrasi” menjadi arahan bagi kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang menitikberatkan pada pengembangan inovasi ilmu pengetahuan, teknologi,seni,dan budaya.

Program pengabdian kepada masyarakat juga dikembangkan berbasis pada hasil penelitian yang sudah terakumulasi cukup kuat sesuai dengan road map penelitian, sumber daya manusia yang kompeten, dan ketersediaan fasilitas pendukung untuk keberlanjutan penelitian, serta tuntutan eksternal dalam bidang teknologi, kesehatan, kebencanaan dan wisata.

Advertisement

PROMOTED:  5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak ala Tokopedia Parents

Selain itu, UKDW turut aktif mengembangkan konsep Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang sedang diusung oleh Dikti. Berbagai hal telah dilakukan untuk melakukan penyesuaian dan penerapan MBKM pada setiap prodi yang ada di UKDW, seperti mengikuti hibah dan melakukan penelitian mengenai MBKM.

Oleh karena itu, Lembaga Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat (LPPM) UKDW Yogyakarta akan menggelar seminar nasional dengan menggandeng lima perguruan tinggi yang merupakan mitra UKDW, Selasa (28/12/2021).

Seminar nasional yang diadakan secara luring dan daring ini untuk menghimpun inspirasi dari universitas sahabat, baik PTS maupun PTN.Dr.-Ing., Wiyatiningsih, S.T., M.T. selaku Ketua LPPM UKDW menuturkan seminar nasional ini merupakan sebuah sarana diseminasi untuk saling membagi pengalaman mengenai pelaksanaan kegiatan MBKM, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat dalam konteks kelokalan dan strategi meraih standart kompetensi yang sesuai dengan kebutuhan industri 4.0 yang sedang diusung oleh Dikti.

“Pada kegiatan ini, ada 5 universitas yang akan mempresentasikan kegiatan penelitian, MBKM, dan pengabdian kepada masyarakat lalu diikuti dengan presentasi dari seluruh program penerima hibah Penelitian Kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka dan Pengabdian kepada Masyarakat berbasis Penelitian PTS 2021 UKDW,” paparnya.

Adapun yang menjadi pembicara dalam seminar nasional ini adalah Dr. Dr.Ir. Djoko Suwarno, M.Si. dari Unika Soegijapranata Semarang dengan judul Pengabdian kepada Masyarakat Berkelanjutan (2017-2021), Dr. Julia Dewi, S.T., M. dari Universitas Pelita Harapan Jakarta dengan judul Ruang Komunitas sebagai Pendukung Sense of Communitydi Lingkungan Permumahan, Efraim Mangaluk, S.S., M.Humdari Universitas Ottow Geissler Papuadengan judul Menggapai Cita Merdeka Belajar: Peluang dan Tantangan MBKM, Dr. Ira Mentayani, ST., MT dari Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin dengan judul Penyusunan 3 Masterplan Desa: Menentukan Potensi dan Arah Pengembangan Desa Tematik di Kalimantan Selatan, dan Dr. Yulita Milla Pakereng, SE, MM dari Unversitas Kristen Wira Wacana Sumba dengan judul PkM Pendapingan UMKM Tenun Ikat Sumba Timur

Advertisement

PROMOTED:  Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Piala Dunia 2022

Advertisement

alt

Prakiraan Cuaca DIY Hari Ini, Sebagian Besar Berawan dan Hujan

Jogja
| Kamis, 01 Desember 2022, 08:57 WIB

Advertisement

alt

Masangin Alkid, Tembus Dua Beringin Bakal Bernasib Mujur

Wisata
| Selasa, 29 November 2022, 15:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement