Patuh Prokes dan Gencarkan Vaksinasi Covid-19 Termasuk Bela Negara

Kegiatan Apel Pagi Pemerintah Kabupaten Magelang memperingati Hari Bela Negara Tahun 2021, Senin (20/12/2021). - Ist/dok Prokompim Pemkab Magelang
20 Desember 2021 15:47 WIB Nina Atmasari News Share :

Harianjogja.com, MAGELANG- Bupati Magelang Zaenal Arifin menyatakan terus melaksanakan protokol kesehatan dan terus menggencarkan vaksinasi merupakan salah satu bentuk dari bela negara.

"Pada saat inilah kita dipanggil oleh negara untuk bela negara dalam merebut kemerdekaan bukan dari tangan penjajah, namun dari belenggu pandemi Covid-19," kata Zaenal Arifin saat memimpin kegiatan apel pagi, sekaligus dalam rangka memperingati Hari Bela Negara Tahun 2021 melalui zoom meeting, Senin (20/12/2021).

Karenanya, ia mengajak masyarakat membantu negara tercinta ini untuk lepas dari pandemi Covid-19 dengan cara bersatu padu, bergotong royong dengan terus melaksanakan protokol kesehatan dan terus menggencarkan vaksinasi," kata Zaenal Arifin dalam sambutannya.

Baca juga: Satu Dasawarsa OJK: Sektor Jasa Keuangan di DIY Terjaga dan Tumbuh Positif

Menurutnya, sinergitas Pemerintah Daerah, TNI, Polri, serta masyarakat sangat dibutuhkan untuk mengusir Covid-19 dari negara tercinta ini, sebagaimana yang telah disampaikan Presiden Joko Widodo saat memberikan arahan kepada Menteri Kabinet Indonesia Maju, Gubernur, Pangdam, Kapolda, Bupati/Walikota se-Indonesia pada hari kamis (16/12/2021) lalu.

"Kita semua diminta harus tetap waspada dan hati-hati karena pandemi Covid-19 belum berakhir," tegasnya.

Pada kegiatan apel memperingati Hari Bela Negara tersebut, Zaenal juga membacakan Amanat Presiden. Ia mengatakan, tantangan yang dihadapi saat ini tidaklah mudah. Situasi seperti ini memerlukan daya juang sebagai bangsa, yang memerlukan kerja keras bersama agar mampu melewati masa sulit ini.

Baca juga: Cegah Klithih, Rombongan Pemotor di Pantai Selatan Diperiksa Petugas

"Sebagai bangsa yang besar, kita juga harus tampil sebagai pemenang. Kita harus optimis. Kita harus mampu menciptakan peluang di tengah kesulitan. Kita harus menjawab itu semua dengan inovasi dan karya nyata. Kita tidak boleh berhenti berkreasi, berinovasi, dan berprestasi di tengah pandemi Covid-19. Kita harus buktikan ketangguhan kita. Kita harus menangkan masa depan kita, dan kita wujudkan cita-cita Iuhur para pendiri bengsa dengan semangat bela negara," kata Zaenal membacakan Amanat Presiden.

Ia menjelaskan lebih lanjut, bela negara adalah tekad, sikap, dan perilaku serta tindakan warga negara, baik secara perseorangan maupun kolektif dalam menjaga kedaulatan negara, keutuhan wilayah, dan keselamatan bangsa dan negara yang dijiwai oleh kecintaannya kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Nilai-nilai dasar bela negara tersebut adalah cinta tanah air, berbangsa dan bernegara, setia pada Pancasila sebagai ideologi negara, rela berkorban untuk bangsa dan negara, serta kemampuan awal bela negara.

"Implementasi dari lima nilai dasar bela negara inilah yang harus terus dikembangkan dalam setiap kesempatan," jelasnya. (Nina Atmasari)