Advertisement

Kilas Balik: Ini Tren Kuliner Paling Populer Tahun 2021

Newswire
Minggu, 19 Desember 2021 - 15:37 WIB
Sunartono
Kilas Balik: Ini Tren Kuliner Paling Populer Tahun 2021 BTS Meal. - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Menjelang tahun 2022, merupakan momen penting untuk kilas balik dan mengintip tren tahun depan.

Di tahun 20021, ada beberapa tren kuliner dan restoran yang menjadi favorit pecinta kuliner yang menjadi perbincangan di dunia maya dan akhirnya menimbulkan keriuhan di dunia nyata. Apa saja kuliner dan restoran yang banyak bermunculan dan diperbincangkan tahun 2021? Berikut dikutip dari Antara :

Advertisement

1. Serba Korea

Rasa pedas Korea yang khas masih digandrungi sepanjang 2021. Buktinya, banyak restoran yang mengeluarkan menu musiman dan mengangkat Negeri Ginseng sebagai inspirasi rasa. Mulai dari restoran penyedia salad yang memboyong ayam gochujang dengan rasa gurih, asam dan pedas ala Korea, atau salad terinspirasi Bibimbap. Pada awal 2021, muncul juga menu baru ayam goreng khas Korea dari sebuah jenama kuliner.

Jenama ini mengeluarkan varian rasa pedas saus gochujang hingga saus manis ala makanan Negeri Ginseng. Sebuah jenama mie instan juga mengeluarkan varian baru rasa pedas ala Korea. Sementara itu, jajanan kaki lima Korea seperti tteokpoki pun masih digemari dan menghiasi pujasera di berbagai pusat perbelanjaan kota besar.

2. Croffle

Makanan ini merupakan gabungan dari kata croissant dan waffle, dimana croissant dimasak dalam panggangan waffle, menciptakan sensasi rasa croissant dalam bentuk waffle yang unik. Penganan ini masih digemari tahun 2021, terbukti dari munculnya menu-menu croffle di berbagai kedai, kafe atau restoran yang awalnya tidak menyuguhkan makanan tersebut.

3. Permen dalgona

Kepopuleran sebuah film atau serial yang jadi perbincangan di media sosial melahirkan tren baru di dunia kuliner, termasuk serial "Squid Game" yang populer di Netflix. Drama yang menceritakan sekelompok orang terlibat dalam permainan anak-anak, tapi risikonya nyawa, menghadirkan nostalgia untuk penonton di Korea Selatan karena menampilkan permainan lawas yang mungkin dialami oleh orangtua atau kakek dan nenek mereka. Salah satu camilan lawas yang muncul di drama tersebut adalah permen dalgona, semacam gulali, yang dicetak dengan berbagai gambar. Pembeli akan berusaha memotong permen dalgona sesuai cetakan secara sempurna. Berkat "Squid Game", cetakan yang populer adalah bentuk segitiga, lingkaran, bintang dan payung.

4. BTS Meal

Ketika gerai McDonalds mengumumkan akan mengeluarkan menu spesial BTS Meal, paket menu kolaborasi dengan grup K-pop ternama BTS, pada Juni 2021, para penggemarnya berbondong-bondong membeli di hari pertama, baik mengantre sendiri atau melalui layanan pesan antar di platform ojek daring. Yang terjadi kala itu adalah kerumunan pengemudi ojek daring yang sebagian diantaranya harus menunggu lama karena pesanan sangat membludak. Kerumunan yang terjadi membuat pihak kepolisan dan satgas penanggulangan COVID-19 menegur dan memberi sanksi penutupan sementara terhadap sejumlah pengelola gerai makanan siap saji tersebut. Pada Kamis (10/6/2021), 32 gerai restoran siap saji itu disegel selama 1/24 jam oleh Satpol PP sebagai buntut dari kerumunan.

BTS Meal merupakan hasil kolaborasi BTS dengan McDonalds dan terdiri dari makanan berupa 9 potong nugget McNuggets, dua saus khusus yaitu sweet chili sauce, dan cajun sauce, kentang goreng berukuran medium, dan satu gelas minuman berukuran medium.

5. Subway

Kehebohan serupa terjadi di jaringan cepat saji Subway yang dibuka di Mal Cilandak Town Square yang disambut dengan kerumunan. Pembukaan gerai roti lapis asal Amerika Serikat menimbulkan kerumunan dan antrean panjang. Pengelola sempat diberi sanksi tertulis karena melanggar protokol kesehatan.

Sebelumnya, pada Desember 2020 muncul rumor bahwa gerai makanan roti lapis ini akan kembali dibuka di Indonesia. Warganet kala itu menyambut hangat, tapi ternyata akun tersebut merupakan akun palsu. Kerinduan penggemar kuliner terhadap roti lapis itu akhirnya terbayarkan ketika Subway dibuka tahun 2021.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Mudik Lebaran, Gunungkidul Bakal Dijejali 154.000 Kendaraan

Gunungkidul
| Kamis, 28 Maret 2024, 18:07 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement