Wali Kota Magelang Ingatkan 3 Pilar dan Satgas Covid-19 Harus Kompak Jelang Nataru

Wali Kota Magelang dr. Muchamad Nur Aziz menjadi inspektur upacara (irup) pada apel 3 pilar dalam rangka Pencegahan dan Penanggulangan Covid-19 Menjelang Perayaan Natal Tahun 2021 dan Tahun Baru 2022, di halaman Mapolres Magelang Kota, Kamis (16/12/2021). - Ist/dok Prokompim Pemkot Magelang
16 Desember 2021 19:37 WIB Nina Atmasari News Share :

Harianjogja.com, MAGELANG - Wali Kota Magelang dr. Muchamad Nur Aziz mengingatkan tiga pilar dan Satgas covid-19 untuk terus menjaga kekompakan sinergitas sehingga dapat menekan penyebaran virus corona, menjelang Perayaan Natal Tahun 2021 dan Tahun Baru 2022.

Hal itu diungkapkan dokter Aziz, sapaan akrab dr. Muchamad Nur Aziz saat menjadi inspektur upacara (irup) pada apel 3 pilar dalam rangka Pencegahan dan Penanggulangan Covid-19 Menjelang Perayaan Natal Tahun 2021 dan Tahun Baru 2022, di halaman Mapolres Magelang Kota, Kamis (16/12/2021).

Ia mengatakan apel ini diselenggarakan sesuai dengan Instruksi Menteri Dalam Negeri nomor 67 tahun 2021 yang menjelaskan tentang pencegahan dan penanggulangan Covid-19.

Baca juga: Kemenkes Sebut Masa Inkubasi Omicron Sama dengan Varian Lain, 6-8 Hari

"Ke depan kita harus antisipasi adanya gelombang penyebaran Covid-19, khususnya pada saat perayaan Natal tahun 2021 dan Tahun Baru 2022 di wilayah kita," ujar Dokter Aziz, dalam sambutannya.

Selanjutnya, berdasarkan Inmendagri tersebut, saat ini Kota Magelang kriteria PPKM level 1. Namun pihaknya berharap agar hal itu membuat masyarakat lengah terhadap virus ini. Cara mengantisipasinya adalah dengan tetap mematuhi protokol kesehatan dan vaksinasi Covid-19.

Dokter Aziz meminta 3 pilar dan Satgas covid-19 dapat terus menjaga kekompakan sinergitas sehingga dapat menekan penyebaran virus corona. Menurutnya, saat ini tugas seluruh komponen masyarakat masih berperang melawan pandemi, masih diperlukan kerja keras, sinergitas dari semua pihak untuk menuju tatanan baru yang kebal covid-19.

Baca juga: Mantan Staf Khusus Ucapkan Selamat Datang dan Karantina untuk SBY

"Kita tetap di level 1 ini berkat kekompakan seluruh komponen masyarakat, Polri, TNI sampai Satgas Covid-19. Kita betul-betul sengkuyung mengatasi pandemi ini. Masyarakat juga disiplin prokes," tegasnya.

Selain itu, Pemkot Magelang juga tetap menggelar testing, tracing, treatment dan percepatan pencapaian target vaksinasi, terutama vaksinasi lansia sampai akhir Desember 2021.

"Menjelang natal dan tahun baru ini kita lakukan pengetatan dan pengawasan protokol kesehatan di gereja, tempat perbelanjaan dan tempat wisata," katanya.

Menurut Dokter Aziz, dengan terkendalinya pandemi, tenaga kesehatan dapat melakukan relaksasi, agar sistem kesehatan dapat kembali stabil, seiring dengan upaya pemulihan perekonomian.

Pada kesempatan itu, ia menyampaikan terima kasih serta apresisasi kepada jajaran Polres Magelang Kota, Kodim 0705 Magelang dan semua pihak yang terlibat dalam penanganan Covid-19. (Nina Atmasari)