Omicron Masuk RI, Jangan Panik & Tetap Taat Prokes!

Ilustrasi Covid-19 varian Omicron - DW.com
16 Desember 2021 12:57 WIB Fitri Sartina Dewi News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Pemerintah melalui Kementerian Kesehatan mengumumkan temuan kasus pertama infeksi Covid-19 varian Omicron terhadap seorang warga di Indonesia.

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan pasien pertama yang terinfeksi Covid-19 varian Omicron di Indonesia ialah seorang petugas kebersihan di Wisma Atlet, Jakarta yang berinisial N.

“Kemenkes tadi malam mendeteksi ada pasien N terkonfirmasi Omicron per 15 Desember 2021,” kata Menkes melalui konferensi pers, Kamis (16/12/2021).

Menkes mengungkapkan temuan kasus itu berawal saat dilakukan pengambilan sampel rutin kepada tim Wisma Atlet. Dari tes PCR yang dilakukan, ada 3 orang yang positif Covid-19, salah satunya petugas kebersihan berinisial N.

Kemudian, sampel ketiga pasien Covid-19 tersebut dibawa ke Kemenkes untuk dilakukan tes whole genome sequencing (WGS).

Hasil tes WGS keluar pada 15 Desember 2021 dan dinyatakan satu pasien berinisial N terkonfirmasi positif Omicron, sedangkan dua pasien lainnya tidak terkonfirmasi varian Omicron.  “Kondisi umum pasien ini tanpa gejala, masih sehat, tidak ada demam, tidak ada batuk-batuk,” ujar Menkes.

Dia menambahkan, pasien yang terkonfirmasi Omicron sudah dites PCR kembali setelah 8 Desember 2021 melakukan tes pertama dan hasilnya sudah negatif.

Di luar pasien yang sudah terkonfirmasi tersebut, kata Menkes, Kemenkes juga mendeteksi lima kasus probable Omicron.

“Belum pasti Omicron, tapi karena tes PCR dengan spesifikasi khusus, ada lima kasus probable Omicron,” ujarnya.

Sumber : bisnis.com