Advertisement

Sederet Kasus Viral yang Ternyata Hoaks

Newswire
Selasa, 23 November 2021 - 08:47 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Sederet Kasus Viral yang Ternyata Hoaks Foto ilustrasi. - Ist/Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA-Kasus viral berujung hoaks berkali-kali terjadi di Indonesia. Sayangnya, kasus ini memakan perhatian masyarakat dan selalu menjadi perbincangan hangat.

Baru-baru ini misalnya, warga Sumedang bernama Yana Supriatna diketahui memalsukan kabar dirinya hilang di kawasan Cadas Pangeran, Selasa (16/11/2021). Okezone --jaringan Harianjogja.com, mengumpulkan kembali kasus-kasus hoaks yang sempat beredar di Indonesia yang sudah disusun sebagai berikut.

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

1. Kasus Yana

Supriatna Yana Supriatna, 40, merupakan warga Desa Sukajaya, Kecamatan Sumedang Selatan, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, yang diketahui menghilang di kawasan Cadas Pangeran, Selasa (16/11/2021) malam. Yana baru ditemukan pada hari Kamis (18/11/2021).

Anehnya, alih-alih di lokasi Cadas Pangeran, Yana justru malah berada di kabupaten Majalengka. Atas perbuatannya, Yana terjerat Pasal 14 ayat (2) Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1946 tentang penyebaran berita bohong atau kabar yang membuat keonaran.

Tidak hanya itu, dirinya juga terancam penjara 3 tahun.

2. Kasus Babi Ngepet

Warga Bedahan, Sawangan, Depok digegerkan dengan penemuan seokor babi hitam yang masuk ke lingkungan masyarakat pada dini hari, Selasa (27/4/2021) yang sempat diduga sebagai babi ngepet. Namun, rupanya itu hanya akal-akalan seorang warga sekitar bernama Adam Ibrahim, yang melepas babi tersebut di pemukiman warga.

Rupanya, motif Adam membuat rumor Babi Ngepet tersebut karena ingin terkenal. Dirinya terinspirasi dari video-video viral, yang justru malah membawa dirinya mendekam di penjara .

3. Kasus Audrey

Tahun 2019, warga Indonesia pernah digegerkan atas seorang anak bernama Audrey yang dilaporkan mendapat perundungan, sampai-sampai tubuhnya mendapat luka-luka bekas siksaan. Peristiwa ini memicu amarah warganet, sampai-sampai beredar tagar #JusticeForAudrey di masa itu.

Namun, rupanya peristiwa ini merupakan kabar hoaks yang dibuat langsung oleh Audrey. Hasil visum menunjukan bahwa tidak ada luka maupun memar di bagian tubuh Audrey.

4. Kasus Gus Idris

Idris Al-Marbawy yang akrab disapa Gus Idris sempat viral di media sosial karena membuat berbagai konten hoaks dan kontroversial. Adapun konten-konten yang sempat dibuat oleh Gus Idris, yakni video penembakan, interaksi dengan mahkluk gaib, berita pasangan gancet, hingga video dirinya terkena sihir. Pada akhirnya, Gus Idris ditahan oleh Kejaksaan Negeri (Kejari) Kabupaten Malang, Jawa Timur pada Kamis (21/10/2021) silam karena konten-konten hoaksnya.

Berita ini sudah tayang di Okezone dengan judul "4 Kasus Viral Ternyata Hoaks di Indonesia, Nomor 3 Paling Menyita Perhatian". 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Okezone

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Advertisement

alt

Hujan Deras Sebabkan 15 Longsor di Gunungkidul

Gunungkidul
| Jum'at, 03 Februari 2023, 13:27 WIB

Advertisement

alt

5 Destinasi Dekat Stasiun Lempuyangan

Wisata
| Jum'at, 03 Februari 2023, 12:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement