Pusat Sebut Kasus Covid-19 di Sejumlah Daerah Naik Termasuk Jogja

Juru Bicara Satgas Penanganan COVID/19 Wiku Adisasmito/Antara
16 November 2021 19:57 WIB Newswire News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA--Kenaikan kasus Covid-19 dan BOR dilaporkan terjadi di sejumlah daerah termasuk Jogja atau Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Satuan Tugas Penanganan Covid-19 mencatat terjadi kenaikan kasus positif corona di 37 kabupaten/kota di Jawa dan Bali dalam sepekan terakhir.

Juru Bicara Satgas Covid-19 Wiku Adisasmito merinci kenaikan terjadi di 14 kabupaten/kota di Jawa Tengah, 12 kabupaten/kota di Jawa Timur, 8 kabupaten/kota di Jawa Barat, 1 kabupaten/kota di DI Yogyakarta, 1 kabupaten/kota di Bali, dan 1 kabupaten/kota di Banten.

"Perkembangan kasus di tingkat nasional terdapat 29 persen atau 37 kabupaten/kota di Jawa-Bali yang kasusnya meningkat dibandingkan minggu sebelumnya," kata Wiku saat jumpa pers, Selasa (16/11/2021).

Peningkatan kasus ini berimbas pada peningkatan angka keterisian tempat tidur atau bed occupancy rate (BOR) di 43 kabupaten/kota atau sebesar 34 persen.

"Urutan terbesar kenaikan orang yang dirawat sama dengan kenaikan kasus yaitu Jawa Tengah tertinggi dengan 14 kabupaten/kota, Jatim 13 kabupaten/kota, dan Jawa Barat 8 kabupaten/kota," jelasnya.

Selain itu, dia mengungkapkan bahwa laju vaksinasi Covid-19 juga mengalami penurunan dalam sepekan terakhir.

"Penurunan ini terjadi pada vaksin Sinovac yang ternyata juga tidak dibarengi dengan peningkatan vaksinasi merek lainnya, yaitu Pfizer, AstraZeneca, Moderna, dan Sinopharm," ungkap Wiku.

BACA JUGA: Soal Permendikbud Penanganan Kekerasan Seksual, Ini Kata Ketum Muhammadiyah

Satgas meminta pemerintah daerah segera meningkatkan cakupan vaksinasi kepada warganya agar tingkat kesakitan dan kematian akibat Covid-19 bisa ditekan.

Diketahui, pandemi Covid-19 telah menginfeksi 4.250.855 orang Indonesia, masih terdapat 9.018 kasus aktif, 4.098.178 orang sudah dinyatakan sembuh, dan 143.659 jiwa meninggal dunia.

Sumber : Suara.com