Digadang-gadang Maju Pilpres, Sandiaga: Fokus Saya pada Kemenparekraf

Menparekraf identifikasi dampak teror bom terhadap sektor pariwisata. - Ist/Birkom Kemenparekraf
11 November 2021 08:27 WIB Newswire News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA-Belakangan mencuat kabar bahwa Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno digadang-gadang maju sebagai calon presiden pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 mendatang. Perihal itu, Sandiaga memberikan tanggapan. 

Menurutnya, sebagai negara demokrasi, bentuk dukungan untuk maju sebagai Capres pada Pemilu 2024 dari sejumlah pihak adalah hal yang boleh saja dilakukan. Toh dinamika politik pasti akan selalu terjadi setiap harinya.

"Ya saya sih tentunya, ini negara demokrasi, silahkan saja dan hampir setiap hari ada kegiatan yang berkaitan dengan kontestasi demokrasi. Tapi fokus saya pada Kemenparekraf," tutur Sandi saat ditemui wartawan usai meluncurkan Mobil Vaksin Keliling di Kantor Kemenparekraf, Jalan Merdeka Barat pada Rabu, (10/11/2021).

Sandi mengaku terpontang-panting mengurusi perihal yang berkaitan dengan kepariwisataan dan ekonomi kreatif. Dia pun membeberkan jadwalnya yang begitu padat.

"Parekraf ini jadwalnya padat sekali, ini saja baru balik dari Toba," imbuhnya.

Apalagi, sambung Sandi, dalam waktu dekat akan ada perayaan Natal dan Tahun Baru (Nataru).

Baca juga: 5 Kecamatan di Bantul yang Masuk Zona Hijau Covid-19

"Sekarang ini saya juga baru diingetin bahwa dalam penyiapan nataru fokusnya itu memang tidak boleh kita lengah sama sekali. Jadi fokus saya sekarang untuk persiapan Nataru," katanya.

Selain itu, di satu sisi, dia juga diharuskan mengejar target vaksinasi yang telah ditetapkan. Hal ini tidak lain untuk membangkitkan perekonomian, apalagi sektor pariwisata dan ekonomi kreatif sangat terpukul karena Pandemi Covid-19.

Sementara saat disinggung perihal apakah sudah ada partai politik yang melakukan manuver? Lagi-lagi pria yang akrab disapa Bang Sandi itu menjawab dia fokus bekerja.

"Karena saya fokusnya di Parekraf dan bergerak terus. Tentunya hampir 100 persen dari kegiatan saya selain untuk kegiatan rutin di kantor adalah untuk kepulihan ekonomi, kebangkitan ekonomi dan Parekra, jadi tidak ada kegiatan politik yang teralokasi untuk kerjaan ini," tegasnya.

Bang Sandi mengaku memang akan ada kontestasi demokrasi 2-3 tahun ke depan. Dia pun mengapresiasi kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh sejumlah pihak dalam menyambut pesta demokrasi 5 tahunan itu. Namun, jangan sampai euforianya justru mengganggu kinerja.

"Tapi memang perlu kita ketahui bahwa 2-3 tahun lagi akan ada konstentasi demokrasi dan pasti saya juga dulu peserta konstentasi demokrasi di Jakarta maupun nasional. kegiatan kegiatan harus diapresiasi tapi jangan sampai mengganggu kinerja kita," pungkasnya.

Dukungan dari Ulama

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, Bang Sandi mendapatkan dukungan untuk maju menjadi Capres 2024 dari puluhan ulama dan pemuda yang tergabung dalam forum Ijtima Ulama dan Pemuda Islam Indonesia.

Menurut inisiator forum, setidaknya ada tujuh alasan kenapa Bang Sandi didukung untuk maju pada Pemilihan Presiden atau Pilpres 2024 mendatang.

Pertama, dalam hal keagamaan, Bang Sandi dinilai sebagai pemimpin moderat yang pro dan peduli antarumat beragama. Dia dianggap tidak pernah melontarkan ujaran kebencian terhadap agama lain. Bang Sandi bahkan disebut hampir selalu menyempatkan diri hadir di berbagai agenda besar yang dihelat oleh organisasi Islam di Indonesia.

Kedua, integritas dan zero dosa politik, di mana, Bnag Sandi dinilai mampu menjaga kepercayaan terhadap publik. Hal itu terlihat saat menjadi Wakil Gubernur DKI Jakarta dan saat ini dipercaya menjadi Menteri Parekraf.

Ketiga, cerdas dan bekerja keras dalam situasi pandemi Covid-19. Bang Sandi telah mencetuskan beberapa ide brilian di antaranya bangga berwisata Indonesia serta dukungan juga diberikan kepada lembaga film dan bantuan pemerintah untuk usaha wisata.

Baca juga: Kota Jogja Butuh Vaksin Covid-19 untuk 40.000 Anak Usia 6-11 Tahun

Keempat, adalah santun dan sederhana. Bang Sandi merupakan salah satu pengusaha papan atas dengan kekayaannya banyak, namun tetap sederhana. Bang Sandi juga dianggap murah senyum dan selalu menundukkan kepala saat bertemu dengan masyarakat umum.

Kelima, milenial optimistis dan berani. Di mana Bang Sandi dalam menjalankan semua kegiatan baik di pemerintahan maupun bisnis, diperlukan sosok muda yg mampu membawa garda bangsa ke arah kemajuan.

Keenam, pengalaman politik cukup. Bang Sandi dikenal sebagai sosok baru dalam dunia politik Indonesia. Namun sosoknya mengejutkan publik di mana Bang Sandi saat Pemilihan Gubernur DKI Jakarta Tahun 2017 berhasil memenangkan suara rakyat untuk menjadi Wagub DKI dan saat ini Bang Sandi ditunjuk menjadi Menteri Parekraf.

Alasan terakhir, karena sosok Bang Sandi dianggap siap. Bang Sandi siap maju untuk menjadi calon presiden Indonesia dengan segala kemampuan yang dimilikinya. Bang Sandi merupakan sosok yang diinginkan rakyat dan kaum milenial.

Sumber : suara.com