Advertisement

Vanessa Angel dan Bibi Andriansyah Kecelakaan, Ini Tips Aman Berkendara di Tol

Jaffry Prabu Prakoso
Jum'at, 05 November 2021 - 00:27 WIB
Sunartono
Vanessa Angel dan Bibi Andriansyah Kecelakaan, Ini Tips Aman Berkendara di Tol Pajero Sport putih nomor polisi B 1284 BJU yang ditumpangi Vanessa Angel dan suaminya Bibi Andriansyah mengalami kecelakaan di tol Jakarta menuju Surabaya, Kamis (4/11/2021). - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Vanessa Angel dan suaminya Febri (Bibi) Andriansyah tewas akibat kecelakaan tunggal di ruas Tol Nganjuk. Mantan pebalap mobil Fitra Eri Purwotomo berbagi tips aman berkendara di jalan.

“Ini adalah umum dan bisa Anda terapkan dan banyak terjadi di jalan tol, terutama kecelakaan- kecelakaan yang parah,” katanya melalui YouTube, Kamis (4/11/2021).

Fitra menjelaskan, bahwa faktor pertama yang memicu kecelakaan adalah cuaca buruk. Ini dapat memengaruhi stabilitas mobil. Oleh karena itu, untuk mengindarinya adalah dengan mengurangi kecepatan dan jaga jarak.

PROMOTED:  Resmikan IKM di Umbulharjo, Dinas Perinkopukm Jogja Berharap IKM Naik Kelas

BACA JUGA : Foto-Foto Kecelakaan Vanessa Angel Beredar di Twitter, Jadi Trending Topic

Kedua, kondisi jalan. Dengan kondisi jalan tol yang tidak mulus alias ada tambalan, berbahaya bagi pengendara berkecepatan tinggi.

Ketiga, adalah manuver mendadak. Ini bisa terjadi apabila pengendara kaget saat ada mobil lain yang menyalip. Akibatnya, kendaraan bisa melintir bahkan terbalik. Itu sebabnya hindari manuver mendadak.

Keempat, ban botak. Ini sangat berbahaya apabila kondisi cuaca hujan atau basah.

Kelima, genangan. Jalur tersebut bisa mengancam jiwa apabila pengendara melewatinya dengan kecepatan tinggi.

Keenam, menginjak pedal gas melewati batas aman. Fitra telah melakukan uji kecepatan. Mobil dengan kecepatan 100 km/jam bisa berhenti pada jarak 45 meter sampai 50 meter.

Advertisement

Sedangkan, jika kecepatan dinaikkan menjadi 200 km/jam, mobil bisa berhenti di 200 meter atau dua kali lapangan sepak bola. Jadi, dia sangat tidak menyarankan mengendarai dengan kecepatan tinggi.

Ketujuh, tidak menjaga jarak aman. Kedelapan, hilang konsentrasi. Ini adalah yang umumnya terjadi, termasuk dugaan sementara kasus kecelakaan yang dialami Vanessa dan suaminya.

Biasanya, ini terjadi karena ada gangguan seperti makan, ada anak kecil yang mengganggu berkendara, atau main telepon genggam. Sebisa mungkin sopir harus fokus.

Advertisement

Kesembilan, lelah dan mengantuk. Usahakan ada lebih dari dua sopir jika menempuh perjalanan panjang. Kalaupun sendiri, istirahat bila sudah merasa lelah.

BACA JUGA : Mitos Perempuan Berbaju Putih Kerap Melintas di Tol Lokasi Kecelakaan Maut Vanessa Angel

Kesepuluh, ban pecah. Sebenarnya ini bisa tidak menyebabkan kecelakaan apabila pengendara tidak panik. Disarankan jangan melakukan apa-apa seperti menginjak rem karena hanya membuat mobil melintir.

“Saya buat video ini agar kita makin aman berkendara di jalan, aman buat kita, keluarga, atau pengguna jalan yang lain,” jelasnya.

Advertisement

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Advertisement

alt

Rawan Bencana Hidrometeorologi, BPBD Bantul Siagakan Pos di 29 Kalurahan

Bantul
| Sabtu, 08 Oktober 2022, 00:37 WIB

Advertisement

alt

Satu-satunya di Kabupaten Magelang, Wisata Arung Jeram Kali Elo Terus Dikembangkan

Wisata
| Kamis, 06 Oktober 2022, 07:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement