Presiden AS Minta Negara Penghasil Energi Dongkrak Produksi

Presiden Amerika Serikat Joe Biden - Bloomberg
31 Oktober 2021 15:17 WIB Nindya Aldila News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Presiden Amerika Serikat Joe Biden mengatakan pasar energi global harus tersuplai dengan baik agar pemulihan ekonomi pascaCovid-19 bisa tejaga. Hal ini disampaikan di depan pemimpin dunia dalam KTT G-20 di Roma.

Dilansir Bloomberg pada Minggu (31/10/2021), seorang pejabat AS mengatakan bahwa Biden akan meminta negara penghasil energi terbesar untuk meningkatkan produksinya dalam pertemuan ini.

Namun, hal itu tidak akan disampaikan secara spesifik dengan pengukuran kuantitatif seperti barel per hari atau persentases dari suplai yang ada. Biden juga tidak berencana memanggil OPEC, meski ada kekhawatiran mereka telah gagal mencapai target produksi dalam beberapa bulan terakhir.

BACA JUGA : Jokowi Minta G20 Atasi Kesenjangan Vaksin

Biden hanya mendorong negara penghasil energi agar menggunakan kapasitas cadangannya. Kenaikan harga minyak dan gas membuat kecemasan soal inflasi dan kelangkaan listrik semakin tinggi. Selain itu, dikhawatirkan pula negara-negara bakal menggunakan suplai energinya sebagai senjata politik.

Sebelumnya, Biden telah menyoroti soal kelangkaan energi dalam perhelatan perubahan iklim di Glasgow.

"Ini bukan saklar lampu," kata penasihat keamanan nasional Gedung Putih Jake Sullivan kepada wartawan pada Kamis. Dia mengatakan AS tidak bisa menghentikan semua penggunaan bahan bakar fosil dalam perekonomian dalam semalam.

"Kami masih membutuhkan bahan bakar fosil selama masa transisi, untuk memastikan bahwa ekonomi kami bekerja, lapangan kerja tercipta, keluarga pekerja menyalakan pemanas rumah di malam hari, dan sebagainya.”

Sumber : Bloomberg