Ini 9 Daerah di Jawa-Bali yang Terapkan PPKM Level I

Warga berolahraga di Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta, Minggu (3/10/2021). Meskipun masih dalam masa PPKM, namun warga DKI tetap berolahraga di kawasan tersebut. ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga - rwa.\\r\\n
19 Oktober 2021 14:27 WIB Aprianus Doni Tolok News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan ada 9 kabupaten dan kota di Jawa-Bali yang menerapkan PPKM level 1 mulai hari ini, Selasa (19/10/2021). Sementara 54 kabupaten kota menerapkan PPKM level 2.

Selain itu Luhut mamaparkan bahwa penurunan level PPKM itu dilakukan karena situasi pandemi Covid-19 terus terkendali pada tingkat yang rendah.

"Kasus konfirmasi Indonesia dan Jawa Bali masing-masing telah turun hingga 99 persen dari kasus puncaknya pada 15 Juli lalu. Selain itu, angka reproduksi efektif Bali akhirnya turun di bawah 1, mengikuti angka nasional dan pulau Jawa, yang mengindikasikan terkendalinya pandemi Covid-19," kata Luhut dalam keterangan pers, yang dikutip Selasa (19/10/2021).

Lebih lanjut, Luhut mengatakan rendahnya kasus konfirmasi harian menyebabkan kasus aktif nasional dan Jawa Bali terus menunjukkan penurunan.

Baca juga: PPKM Jawa-Bali Diperpanjang Sampai 1 November, Wisata Air Bisa Dibuka

"Saat ini hanya tersisa kurang dari 20.000 kasus aktif di nasional dan kurang dari 8.000 kasus aktif di Jawa Bali. Jauh menurun dibandingkan lebih dari 570 ribu kasus aktif pada puncak varian Delta," ujarnya.

Luhut menegaskan bahwa pemerintah terus melakukan evaluasi dalam pelaksanaan PPKM, termasuk dalam penentuan level kabupaten kota.

Berikut sembilan daerah Jawa-Bali yang pada hari ini mulai menerapkan PPKM Level I:

1) Kabupaten Pangandaran dan Kota Banjar (Jawa Barat). 

2) Kota Tegal dan Kota Semarang (Jawa Tengah).

3) Kota Surabaya, Kota Mojokerto, Kota Kediri, Kota Blitar, Kota Pasuruan (Jawa Timur). 

Sumber : bisnis.com