Jakarta Bakal Jadi Tuan Rumah Formula E 2022, Lokasi Sirkuit Belum Pasti

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (kanan batik biru) melihat mobil listrik di lintasan balap Formula E di Brooklyn, New York, Amerika Serikat. ANTARA/HO-Instagram - @aniesbaswedan
18 Oktober 2021 07:57 WIB Rahmad Fauzan News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan optimistis Formula E yang akan digelar di Jakarta pada 4 Juni 2022 akan memberi manfaat bagi Ibu Kota dan Indonesia.

Meski demikian, Anies tak menjelaskan lokasi berlangsungnya ajang balapan mobil listrik tersebut. Sejauh ini kawasan Monas batal digunakan untuk Formula E yang sudah sepi peminat itu.

Seperti diketahui, Jakarta menjadi tuan rumah balap ABB FIA Formula E ditetapkan melalui FIA World Motor Sport Council di Paris pada 15 Oktober 2021 yang sekaligus meratifikasi kalendar balapan musim ke-8 tahun 2021/2022.

"Lampu hijau! Jakarta akan menjadi tuan rumah balap mobil listrik Formula E 2022! Insya Allah #JakartaEPrix akan mendatangkan banyak manfaat bagi Jakarta dan Indonesia," tulis Anies dalam akun Twitter-nya seperti dikutip, Minggu (17/10/2021).

Dalam video yang dibagikan Chief Championship Officer sekaligus Co-founder Formula E Alberto Longo menyampaikan apresiasi atas partisipasi Indonesia.

Longo juga menekankan pentingnya Jakarta E-Prix bagi Indonesia dan ABB Formula E. 

Lebih lanjut, dia mengapresiasi upaya Presiden Joko Widodo dalam mengurangi ketergantungan Indonesia pada energi konvensional, dan beralih pada energi ramah lingkungan, sebuah filosofi yang senada dengan pandangan FEO. 

"Apalagi dalam merealisasikan filosofi tersebut dan untuk mengambil manfaat dari trend mobil listrik dunia,  Presiden Joko Widodo berencana menjadikan Indonesia sebagai pusat produksi mobil listrik dan baterai mobil," kata Longo dalam keterangan resmi yang diterima Bisnis, Sabtu (16/10/2021).

Memasuki balapan musim ke-8, Formula E akan hadir di kota-kota iconic dunia seperti Diriyah (Saudi Arabia), Roma, Monaco, Berlin, Vancouver, New York, London and Seoul.

Jakarta E-Prix 2022 akan menjadi gelaran balap pertama di Indonesia, dari tiga balapan yang akan dilaksanakan secara berturutan. 

Direktur Utama Jakpro Widi Amanasto yang akan menjadi penyelenggara menyampaikan, bahwa trek jalanan dalam kota akan sangat efektif dalam mempromosikan Indonesia dan Jakarta. 

"Kami ingin masyarakat dunia menyaksikan kemajuan Indonesia, sehingga mereka tanpa ragu berkunjung ke Indonesia, baik sebagai turis maupun investor" ujarnya. 

Adapun, Formula E di Jakarta bukan hanya digelar dalam satu acara, melainkan rangkaian acara sepanjang beberapa bulan hingga Juni 2022. Acara ini tentu akan melibatkan banyak stakeholder, termasuk UMKM. 

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia