Advertisement

Pembukaan PON XX, Lukas Enembe Tegaskan Papua Tidak Terpisahkan dari Indonesia

Herdanang Ahmad Fauzan
Sabtu, 02 Oktober 2021 - 22:27 WIB
Bhekti Suryani
Pembukaan PON XX, Lukas Enembe Tegaskan Papua Tidak Terpisahkan dari Indonesia Kontingen Papua mengikuti defile Upacara Pembukaan PON Papua di Stadion Lukas Enembe, Kompleks Olahraga Kampung Harapan, Distrik Sentani Timur, Kabupaten Jayapura, Papua, Sabtu (2/10/2021) - ANTARA FOTO/Nova Wahyudi - tom

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA – Gubernur Papua Lukas Enembe meyakini gelaran Pekan Olahraga Nasional (PON) XX yang berlangsung di Papua hingga dua pekan ke depan akan mempererat hubungan Bumi Cendrawasih sebagai bagian dari Indonesia.

Keyakinan tersebut disuarakan Lukas dalam sambutannya pada acara seremoni pembukaan PON XX, Sabtu (2/10/2021).

Advertisement

“Dari tanah Papua, saya akan menunjukkan kepada seluruh sahabat dari penjuru Nusantara bahwa kami masyarakat Papua akan senantiasa menjadi bagian tidak terpisahkan dari Bumi Indonesia, karena merah putih selalu terpatri dalam hati dan jiwa kami,” kata Lukas, Sabtu (2/10/2021).

Lukas juga berjanji bahwa hingga PON XX berakhir, seluruh kontingen dari 33 provinsi lain akan disambut sebaik mungkin selama singgah di Papua.

“Suatu kebanggaan bagi kami penduduk Papua melihat seluruh anak bangsa berkumpul dan bersatu di tempat ini,” tambahnya.

Pesan yang disampaikan Lukas tersebut juga dipertegas oleh Presiden Joko Widodo yang dalam sambutannya turut menekankan sejumlah komitmen dan rencana pemerintah terhadap Papua.

Salah satunya adalah janji untuk terus mendukung pembangunan infrastruktur dan pengembangan potensi generasi muda.

“Marilah kita rayakan PON ini dengan penuh suka cita, menjunjung tinggi sportifitas, kebersamaan, kesetaraan, serta kesatuan dan persatuan bangsa,” tutur Jokowi.

Menurut catatan Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI), total atlet tamu yang ikut serta dalam perhelatan PON XX mencapai 6.116 atlet. Jumlah itu belum termasuk 923 atlet kontingen tuan rumah.

Ribuan atlet tersebut akan memperebutkan 681 medali emas, 681 medali perak, dan 887 medali perunggu yang tersebar di dalam 37 cabang olahraga, serta 681 nomor kejuaraan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal KRL Solo-Jogja, Berangkat dari Palur Rabu 24 April 2024

Jogja
| Rabu, 24 April 2024, 01:57 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement