Ratusan Siswa SMP Purbalingga Positif Covid-19, Pembelajaran Tatap Muka Disetop

Ilustrasi - Freepik
22 September 2021 16:47 WIB Newswire News Share :

Harianjogja.com, PURBALINGGA - Sedikitnya 151 siswa SMP di Purbalingga, Jawa Tengah, dinyatakan positif Covid-19 sehingga pembelajaran tatap muka dihentikan.

Kasus tersebut diketahui setelah Dinas Kesehatan Purbalingga melakukan tes antigen massal. Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Purbalingga Hanung Wikantono mengatakan ratusan siswa yang dinyatakan positif Covid-19 berasal dari dua sekolah, yaitu SMPN 3 Mrebet dan SMPN 4 Mrebet.

"Jika sebelumnya ada 90 siswa SMPN 4 Mrebet yang menjalani isolasi karena hasil tes cepat antigen mereka menunjukkan positif Covid-19. Kini, 61 siswa lainnya dari SMPN 3 Mrebet juga menunjukkan hasil positif," katanya dilansir dari Antara, Rabu (22/9/2021).

BACA JUGA: Gawat! 1.296 Sekolah Jadi Klaster Covid-19 Selama Pembelajaran Tatap Muka Terbatas

Hanung mengaku langsung menyediakan lokasi untuk isolasi terpusat.

"Respons cepat tengah dilakukan dari mulai menyediakan isolasi terpusat, melakukan penyemprotan disinfektan di gedung sekolah, melakukan koordinasi lintas sektor, menyiapkan tes PCR hingga menyiapkan langkah pelacakan jika hasil tes PCR terkonfirmasi positif," jelasnya.

Dia juga mengatakan sebagian besar siswa yang hasil tes antigennya positif itu dalam kondisi baik dan tanpa gejala.

Sementara itu, Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi meminta para wali murid untuk tetap tenang. Sebab, para siswa akan dipantau secara ketat oleh tim kesehatan.

BACA JUGA: Objek Wisata Gunungkidul Belum Penuhi Syarat untuk Dibuka

Sementara untuk menghindari penularan virus, pembelajaran tatap muka (PTM) akan dihentikan sementara. Hal itu diperlukan untuk dilakukan proses evaluasi mengenai kesiapan protokol kesehatan.

"Untuk sementara waktu, seluruh pelaksanaan PTM terbatas dihentikan hingga adanya evaluasi lebih lanjut," katanya.

Sumber : Antara