Diusung Sukarelawan Jokowi Jadi Capres, Ini Jawaban Gubernur Jateng

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo. - Antara
17 September 2021 05:37 WIB Imam Yuda Saputra News Share :

Harianjogja.com, SEMARANG—Gubernur Jawa Tengah (Jateng), Ganjar Pranowo, mengaku tidak pernah menjalin komunikasi dengan kelompok sukarelawan pendukung Jokowi, Jokowi Mania atau JoMan, yang menyatakan dukungan kepadanya untuk maju sebagai calon presiden (capres) pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Hal itu disampaikan Ganjar saat dijumpai wartawan di kantornya, Kamis (16/9/2021).

Ganjar yang saat itu mengenakan pakaian adat Jawa pun tampak tergesa-gesa untuk menghindari pertanyaan wartawan terkait deklarasi dukungan JoMan kepadanya sebagai The Next Jokowi.

Oh, saya ngurus Covid,” ucap Ganjar singkat saat dimintai tanggapannya terkait deklarasi dukungan JoMan.

Ganjar pun langsung menghindar dan meninggalkan kerumunan wartawan untuk menuju ruangannya. Sambil berlari Ganjar juga menyatakan tidak pernah melakukan komunikasi dengan kelompok sukarelawan pendukung Presiden Jokowi tersebut.

“Tidak, tidak pernah,” jawab Ganjar.

Selama ini, Ganjar memang terkesan acuh setiap ditanya perihal dukungan sejumlah kelompok terkait pencalonannya sebagai presiden pada Pilpres 2024.

Bahkan, ia pernah menyatakan jika dirinya saat ini fokus terhadap penanganan Covid-19 di wilayah Jateng.

Wis aku ra kober mikir kui. Wis aku saiki mikir Covid piye carane segera beres. Sekarang sudah melandai, wis melihat mal, orang berdagang laku jualane. Wis aku mulai seneng. Kayake masyarakat lagi butuh itu, ra antes ngomong liyane [Saya sudah enggak sempat memikirkan itu. Sekarang saya memikirkan bagaimana caranya Covid-19 segera beres. Sekarang sudah melandai, sekarang mal sudah buka, orang berdagang laku jualannya. Sekarang saya mulai senang. Sepertinya masyarakat sekarang butuhnya itu, enggak pantas berbicara yang lain],” ujar Ganjar kala itu.

Sementara itu, sukarelawan pendukung Jokowi, JoMan, telah menyatakan dukungan kepada Ganjar untuk maju sebagai capres pada Pilpres 2024.

Dukungan terhadap Ganjar sebagai The Next Jokowi itu disampaikan Ketua Joman, Immanuel Ebenezer, di Jakarta, Kamis (16/9/2021).

“Akar rumput memang menghendaki Ganjar jadi The Next Jokowi. GP [Ganjar Pranowo] punya potensi besar untuk jadi presiden,” ujar pria yang akrab disapa Noel itu, dikutip dari Solopos.com.

Dukungan JoMan untuk Ganjar ini mendahului perintah Jokowi yang belum akan mengarahkan dukungannya kepada salah satu kandidat. Jokowi pada Juni 2021 lalu meminta pendukungnya untuk bersabar dalam menjatuhkan pilihan.

Sumber : JIBI/Solopos