Tren Sekolah Gelar Kompetisi Gim Mobile Legend hingga TikTok

Kepala SMA Muha Kota Jogja Slamet Purwo. - Ist/Muha.
12 September 2021 08:47 WIB Sunartono News Share :

Harianjogja.com, JOGJA--Sejumlah sekolah turut mengikuti tren dalam menggelar kegiatan berbasis platform digital. Mobil Legend (ML) dan TikTok menjadi salah satu aplikasi yang kini tren di kalangan remaja, sekolah pun mengadopsinya melalui kegiatan yang positif.

Gim populer Mobile Legend saat ini telah menjadi cabang e-sport di berbagai hajatan olahraga internasional. Bahkan di Indonesia gim ini telah menjadi salah satu nomor yang dikompetisikan dalam cabang e-sport di gelaran PON XX di Papua.

BACA JUGA : Persiapan PTM, Sekolah Cek Kelengkapan Sarpras Prokes

Begitu juga dengan aplikasi media sosial TikTok yang saat ini turut menjadi tren dengan jumlah pengguna terus meningkat hingga 10 juta di Indonesia. Dengan fungsi platform yang berbeda, ML dan TikTok saat ini mulai banyak digunakan sekolah untuk menunjang proses pendidikan melalui kompetisi, seperti digelar di SMA Muhammadiyah 2 Kota Jogja.

“Mobile Legend dan Tiktok ini menjadi salah satu yang kami lombakan dalam peringatan milad sekolah kami. Selain kami juga menggelar kegiatan lain seperti webinar dan bakti sosial,” kata Kepala SMA Muha Kota Jogja Slamet Purwo dalam rilisnya Sabtu (12/9/2021).

Slamet menilai gim tersebut dilombakan secara internal karena telah masuk dalam salah satu cabang olahraga digital. Penyelenggaraan sementara masih melibatkan pelajar internal sekolahnya. “Untuk finalnya digelar secara live streaming, kami melibatkan Ikatan Pelajar Muhammadiyah,” katanya.

Waka Humas SMA Muha Fatma Taufiyanti menambahkan kompetisi platform TikTok digelar umum untuk pelajar SMP sederajat dengan. Tiktok Challenge ini mengangkat tema Budaya Indonesia. “Melalui platform ini kami mengangkat dari sisi positif dengan tema-tema budaya Indonesia,” katanya.

BACA JUGA : Pembelajaran Tatap Muka Kota Jogja Diragukan Berjalan Optimal

Slamet Purwo mengatakan secara umum kompetisi bertajuk Muhacom ini diselenggarakan dalam 2 lomba baik itu secara internal maupun eksternal. Khusus untuk internal diperuntukkan bagi siswa sekolahnya, terdiri atas lomba cover lagu, baca puisi, tiktok ucapan Milad Muha ke-71 dan mobile legend. Sedangkan untuk eksternal diperuntukkan khusus untuk siswa SMP/MTs sederajat se-Nasional, terdiri enam jenis meliputi lomba cover lagu daerah, poster, TikTok, news reading, olimpiade IPA, dan esai.

“Pendaftaran maupun pengumpulan karya lomba eksternal dimulai pada tanggal 1-20 September 2021, masih ada waktu untuk mendaftar. Khusus lomba olimpiade IPA akan dilaksanakan serentak pada tanggal 25 September 2021. Pengumuman lomba Muhacom akan ditayangkan pada acara puncak Milad tanggal 2 Oktober 2021. Berbagai panduan lomba bisa diunduh di website sekolah kami,” katanya.