Advertisement

Situs Pelatihan Kartu Pekerja Kini Dilengkapi Fitur Lowongan Kerja

Hadijah Alaydrus
Minggu, 12 September 2021 - 05:27 WIB
Sunartono
Situs Pelatihan Kartu Pekerja Kini Dilengkapi Fitur Lowongan Kerja Situs resmi program Kartu Prakerja hanya di prakerja.go.id - Tangkapan layar prakerja.go.id

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Para peserta Kartu Prakerja kini bisa mencari pekerjaan di situs Kartu Prakerja setelah menyelesaikan pelatihan. Fitur baru ini diungkapkan oleh Direktur Eksekutif Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja Denni Purbasari.

Denni memaparkan bahwa ekosistem Kartu Prakerja sudah bekerja sama dengan dua job portal untuk memberikan fitur ‘job recommendation’ di dashboard masing-masing peserta.

Advertisement

“Misalnya, seorang penerima Kartu Prakerja menyelesaikan pelatihan desain grafis, maka ia akan menerima informasi lowongan pekerjaan di bidang itu di dashboard-nya,” kata Denni.

“Di situ ada sepuluh besar lowongan pekerjaan yang paling dicari. Terus diperbarui dari bulan ke bulan dan di-breakdown sampai provinsi,” kata mantan Deputi Bidang Ekonomi Kepala Staf Kepresidenan ini.

Untuk saat ini, sepuluh besar pekerjaan paling dicari yang tercantum pada ‘Tren Rekrutmen’ www.prakerja.go.id diduduki antara lain bidang penjualan ritel, pemasaran/pemgembangan bisnis, IT-perangkat lunak, akuntansi umum/pembiayaan, penjualan-korporasi, personalia, perbankan dan staf administrasi umum.

Dengan fitur baru berupa informasi lowongan dan tren pekerjaan secara digital, Program Kartu Prakerja mengubah kebiasaan lama banyak pencari kerja, yang selama ini mengirim lamaran pekerjaan berupa kertas tercetak dikemas dalam amplop coklat berdasarkan informasi dari mulut ke mulut.

“Tentu saja, menggunakan cara konvensional seperti itu, upaya seorang pencari kerja tak akan menemui hasil optimal dan sangat berbeda dibandingkan jika melamar pekerjaan secara digital melalui job platform. Pola-pola adaptasi baru dengan teknologi seperti inilah yang Prakerja kenalkan kepada angkatan kerja kita,” pungkas Denni.

Saat ini, program Kartu Prakerja telah mencapai gelombang 20 dan peminat program ini masih cukup tinggi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Syawalan ke Ponpes dan Panti Asuhan, Pj. Bupati Kulonprogo Salurkan Bantuan

Kulonprogo
| Kamis, 18 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement