Advertisement

BPKH Perkuat Kerja Sama dengan IsDB, Bangun Ketahanan Ekonomi Umat

Media Digital
Minggu, 05 September 2021 - 09:37 WIB
Sunartono
BPKH Perkuat Kerja Sama dengan IsDB, Bangun Ketahanan Ekonomi Umat K. H Marsudi Syuhud, perwakilan dari BPKH menghadiri Forum Pertemuan Tahunan Islamic Development Bank Group (IsDB) Group A yang digelar di Tashkent, Uzbekistan Rabu - Sabtu (1-4/9/2021). - Ist.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA--Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) menjadi satu-satunya lembaga dari Indonesia yang hadir dalam Forum Pertemuan Tahunan Islamic Development Bank Group (IsDB) Group A yang digelar di Tashkent, Uzbekistan Rabu - Sabtu (1-4/9/2021). Pertemuan tahunan yang dihadiri oleh sebagian besar para pengambil keputusan tersebut membahas tantangan dan mengeksplorasi peluang bagi negara-negara anggota Grup IsDB.

Badan Pengelola Keuangan Haji yang diwakili oleh K.H. Marsudi Syuhud  selaku Anggota Dewan Pengawas melakukan courtesy meeting dengan Presiden IsDB, H.E. Dr. Muhammad Sulaiman Al Jasser pada hari terakhir pelaksanaan di lokasi acara, Congress Hall Tashkent, Republic Of Uzbekistan.   Dalam pertemuan tersebut disampaikan pembahasan  kemitraan strategis diantara dua lembaga. Rencananya pada bulan Oktober 2021, pertemuan lanjutan akan dijadwalkan untuk dapat dilakukan  kembali di Jeddah, Saudi Arabia.

Advertisement

Sebagaimana diketahui, Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) dengan Islamic Development Bank Group (IsDB) telah menjalin kerjasama dengan menempatkan Investasi Luar Negeri dalam bentuk Awqaf Properties Investment Fund (APIF) Equity sebesar 11 juta USD. Selain membahas masalah kelembagaan, dalam pertemuan tahunan  ini juga membahas sejumlah upaya strategis lainnya dalam membangkitkan perekomomian umat setelah pandemi yang terjadi.

“Badan Pengelola Keuangan Haji dalam melaksanakan mandat pengelolaan keuangan haji, dapat berperan aktif dalam menggiatkan  perekonomian  umat pasca pandemic yang terjadi, sudah saatnya saling bergandengan tangan dengan berbagai negara muslim lainnya mengeksplorasi kerjasama yang mungkin dilakukan untuk umat”- terang Marsudi Syuhud dalam kunjungan tersebut. Kerjasama antar negara muslim yang terjadi diharapkan dapat memperkuat Ekonomi Islam dan membawa keuntungan bagi umat khususnya dalam hal pengelolaan keuangan haji.   

Pertemuan tahunan yang mengambil tema Respons, Restore, Restart: Post Covid Resilience and Prosperity for All  tersebut dihadiri sedikitnya 2.000 peserta yang terdiri atas  pejabat pemerintah,  perwakilan lembaga-lembaga internasional, dan  para ahli.  Sebuah platform yang ideal bagi para pembuat keputusan untuk membahas tantangan dan peluang bagi negara anggota IsDB.

Upacara pembukaan pertemuan tahunan IsDB yang ke-46  tersebut dihadiri oleh Presiden Uzbekistan, Shavkat Mirziyoyev yang juga menyampaikan sambutan yang mengutip hadist dan mengungkapkan bahwa semua tindakan tergantung pada niat.  

Selama pertemuan tersebut digelar seminar dan diskusi yang menghadirkan panelis tingkat tinggi dari pemerintah, organisasi internasional dan regional, sektor swasta, akademisi, dan masyarakat sipil. Selain itu ada juga program acara lainnya berupa platform dinamis untuk membahas masalah ekonomi, keuangan, dan pembangunan yang menjadi perhatian saat ini bagi negara-negara anggota IsDB dan mitra mereka.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal Bus Damri dari Jogja-Bandara YIA, Bantul, Sleman dan Sekitarnya

Jogja
| Jum'at, 29 Maret 2024, 04:37 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement