3 Jenis Vaksin Berbeda Disuntikkan ke Warga Sepanjang Agustus 2021

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin memberikan paparan saat menghadiri rapat kerja bersama Komisi IX DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (13/1/2021). - Antara
25 Agustus 2021 13:07 WIB Rayful Mudassir News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menerangkan pemerintah menyuntikan tiga jenis vaksin berbeda sepanjang Agustus 2021 ini yaitu Pfizer, AstraZeneca dan Sinovac.

"Akan datang Pfizer, AstraZeneca, Sinovac akan datang bersamaan bulan ini sehingga kita akan menyuntikan tiga vaksin bulan ini," katanya Rabu (25/8/2021) saat Rapat Kerja dengan Komisi IX DPR RI, Rabu (25/8/2021).

Lebih lanjut dia menuturkan bahwa umumnya vaksin akan tiba ke Indonesia mendekati akhir bulan. Walhasil, vaksin yang diterima baru dapat didistribusi pada bulan berikutnya.

Hingga kini, Kementerian Kesehatan mengakui mulai beragamnya jenis vaksin yang masuk ke Indonesia. Seperti vaksin jenis Johnson & Johnson akan tiba ke Tanah Air pada September mendatang dari Belanda.

Baca juga: GeNose Diklaim Efektif untuk Skrining Covid-19 di Industri Perhotelan

Kondisi ini, kata dia, memerlukan seni tersendiri agar vaksin ragam jenis tersebut tetap dapat didistribusi dengan baik.

Sementara itu, Kementerian Kesehatan mencatat vaksin yang telah diterima Kementerian Kesehatan mencapai 134 juta dosis. 119 juta dosis di antaranya telah disebarkan ke seluruh provinsi dan pemerintah Kabupaten kota.

Dari 119 juta dosis tersebut, 92 juta dosis disebut telah disuntikan ke masyarakat. Alhasil, masih tersisa 17 juta stok vaksin yang masih ada di provinsi.

Sumber : bisnis.com