Advertisement

Menlu Retno Sampaikan Hal Ini Soal Afghanistan

Fitri Sartina Dewi
Minggu, 22 Agustus 2021 - 01:37 WIB
Bhekti Suryani
Menlu Retno Sampaikan Hal Ini Soal Afghanistan Menteri Luar Negeri RI Retno L.P. Marsudi saat menyampaikan keterangan pers terkait hasil pertemuan KTT Ke/37 Asean di Istana Kepresidenan, Bogor, Jawa Barat, Sabtu 14 November 2020 / Youtube Sekretariat Presiden

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Menteri Luar Negeri (Menlu) RI Retno LP Marsudi menyampaikan bahwa Indonesia mengharapkan agar perdamaian dan stabilitas dapat tercipta di Afghanistan.

Hal tersebut disampaikan Menlu saat menyambut kedatangan 26 warga negara Indonesia (WNI) yang berhasil dievakuasi pemerintah dari Kabul, Afghanistan di Pangkalan TNI Angkatan Udara Halim Perdanakusuma, Jakarta, Sabtu (21/8/2021) dini hari.

Advertisement

“Saya sampaikan bahwa Indonesia terus berharap agar perdamaian dan stabilitas dapat tercipta di Afghanistan. Indonesia terus berharap proses politik yang inklusif, yang Afghan-led, Afghan-owned, masih memiliki peluang untuk dilakukan demi kebaikan rakyat Afghanistan,” ujar Menlu.

Selain itu, disampaikan Retno, Indonesia juga berharap agar kaum perempuan Afghanistan dihormati hak-haknya. “Indonesia terus berkomitmen untuk membantu menciptakan perdamaian di Afghanistan, terutama melalui kerja sama pemberdayaan perempuan,” ujarnya.

Terkait operasionalisasi Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Kabul, Afghanistan, Menlu mengungkapkan bahwa semula pihaknya merencanakan untuk tetap melakukan misi KBRI Kabul dengan tim kecil atau tim esensial yang terbatas.

Namun, di saat-saat terakhir proses evakuasi terjadi perkembangan baru dan diputuskan untuk sementara operasi KBRI Kabul dilakukan dari Islamabad, Pakistan.

“Satu Kuasa Usaha Sementara dan tiga home staff akan menjalankan misi [KBRI] Kabul dari Islamabad. Tim kecil ini akan terus melakukan asesmen situasi Afghanistan setiap hari dan menentukan langkah selanjutnya,” jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Pemkab Sleman Berupaya Mempercepat Penurunan Angka Stunting

Sleman
| Jum'at, 19 April 2024, 07:27 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement