Advertisement

Dihadirkan Saat Upacara HUT RI ke-76, Naskah Asli Teks Proklamasi Dikembalikan ke ANRI

Rayful Mudassir
Kamis, 19 Agustus 2021 - 08:57 WIB
Nina Atmasari
Dihadirkan Saat Upacara HUT RI ke-76, Naskah Asli Teks Proklamasi Dikembalikan ke ANRI Naskah asli Teks Proklamasi yang ditulis tangan oleh Presiden Soekarno akan kembali dihadirkan dan ditayangkan saat upacara peringatan detik/detik proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia pada 17 Agustus 2021. (Dok.Setpres)

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Naskah asli teks proklamasi dihadirkan pada Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan RI ke - 76 di Istana Merdeka, Selasa (17/8/2021).

Sehari setelahnya, Sekretariat Presiden mengembalikan dokumen naskah asli teks proklamasi kepada Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) pada Rabu (18/08/2021).

Advertisement

Berdasarkan keterangan resmi Setkab, proses pengembalian naskah asli Teks Proklamasi tersebut dilakukan oleh Kepala Biro Administrasi Sekretariat Presiden, Sony Kartiko dan kepada Direktur Preservasi ANRI Kandar, yang berlangsung di Gedung O, ANRI, Jakarta Selatan.

Baca juga: Hadapi PON Papua, Atlet DIY Latihan Mandiri di Tengah Pandemi

Kegiatan ini turut disaksikan oleh Kepala Biro Umum Sekretariat Presiden Erry Hermawan dan Plh. Kepala Biro Umum ANRI Dipo Winarto.

"Naskah bertulis tangan Proklamator, Ir. Soekarno tersebut dibawa dari tempat penyimpanan di Istana Merdeka menuju ANRI untuk kemudian dilakukan serah terima dan kembali mendapatkan perawatan terbaik," tulis keterangan resmi Setkab, Rabu (18/8/2021).

Menurut catatan sejarah, naskah asli Teks Proklamasi tersebut diselamatkan dan disimpan oleh seorang tokoh pers dan pejuang kemerdekaan, B.M. Diah. Tes itu kemudian diserahkan kepada Presiden Kedua RI, Soeharto. Kemudian, naskah tersebut diteruskan kepada Menteri Sekretaris Negara 1988-1998, Moerdiono.

Pada tahun 1992, Moerdiono menyerahkan dokumen bersejarah tersebut kepada ANRI untuk disimpan dan dirawat dengan baik hingga saat ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Mudik Lebaran, Gunungkidul Bakal Dijejali 154.000 Kendaraan

Gunungkidul
| Kamis, 28 Maret 2024, 18:07 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement