Viral Mural Mirip Jokowi dengan Mata Tertutup Tulisan '404: Not Found'

Publik dibuat heboh dengan adanya mural mirip wajah Jokowi di kawasan Batuceper, Kota Tangerang, Banten. Tidak lama setelah itu, aparat menghapus mural tersebut. - Istimewa
14 Agustus 2021 18:27 WIB Oktaviano DB Hana News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Sehari terakhir, lukisan pada dinding atau mural yang menampilkan gambar mirip wajah Presiden Joko Widodo menjadi viral di media sosial.

Mural mirip wajah Jokowi itu tampak di kawasan Batuceper, Kota Tangerang, Banten. Namun, tidak lama kemudian, aparat menghapus mural tersebut.

Uniknya, mural itu menampilkan visual gambar mirip wajah Presiden Jokowi yang pada bagian mata tertutup dengan kelir merah bertuliskan '404: Not Found'.

Lantas, apa maksud sebenarnya dan bagaimana sejarah dari terminologi yang lekat dengan dunia internet tersebut?

Pakar media sosial dari Drone Emprit Ismail Fahmi, melalui akun Twitternya @ismailfahmi, memberikan penjelasan dan sejumlah rujukan terkait terminologi '404: Not Found tersebut'.

Dia menjelaskan bahwa 'Room 404: Not Found' menjadi istilah yang diberikan oleh petugas CERN Swiss bila tidak menemukan data yang dicari secara manual.

Sebagai informasi, gedung CERN Swiss, lantai 4, khususnya ruangan 404, merupakan tempat penyimpanan basis data pertama dari ruang informasi world wide web atau apa yang dikenal sebagai WWW atau web. 

"Di gedung CERN Swiss lantai 4, ruangan 404, database WWW pertama di dunia disimpan. Setiap ada permintaan file dari staff CERN, petugas database mencari secara manual, dan mengirim balik lewat WWW. Kalau filenya ndak ketemu, responnya: "Room 404: File not found." tulis @ismailfahmi.

Format respons atas kesalahan tautan ke server web ini tetap dipertahankan ketika internet dengan jejaring web-nya telah mendunia.

Sumber : bisnis.com