Astronom Temukan Planet Tertua, Bumi Jadi Nampak Sangat Kecil

Planet tertua
13 Agustus 2021 20:07 WIB Janlika Putri Indah Sari News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA — Para astronom baru saja menemukan planet yang lebih tua dari Bumi.

Karena usianya yang begitu tua, Bumi jadi seperti anak kecil bila disandingkan.

Dialansir dari teaktown, Jumat (13/8/2021) para astronom menggunakan Teleskop Luar Angkasa Hubble NASA untuk menemukan apa yang diyakini sebagai planet tertua yang pernah ditemukan di Bima Sakti.

Astrofisikawan telah menemukan apa yang diyakini sebagai planet tertua dan itu membuat Bumi terlihat sangat muda.

Menurut astrofisikawan Harvey Richer, para peneliti mengumpulkan data tentang sebuah planet yang terletak di konstelasi Scorpius dan mengorbit bintang katai putih.

BACA JUGA: Ini Penerima Vaksin Covid-19 Tertua di Indonesia, Usianya 100 Tahun

Planet ini terletak sekitar 5.600 tahun cahaya dari Bumi. Dengan menggunakan Teleskop Luar Angkasa Hubble NASA, para peneliti dapat memperkirakan usianya, yang mereka temukan dua kali lebih tua dari Bumi.

Richer menjelaskan bahwa planet ini berusia sekitar 13 miliar tahun. Itu berarti dua kali lebih tua dari Bumi yang berusia 4,5 miliar tahun. Menurut Richer, planet itu tidak layak huni.

"Itu karena gugus M4 kuno tempatnya tinggal miskin dalam logam yang dibutuhkan untuk kehidupan," ungkapnya.

Richer juga mengatakan jika planet itu lebih mirip Jupiter daripada Bumi.  Planet tua tersebut tanpa permukaan padat. Planet itu mungkin selamat dari ledakan supernova atau bintang neutron. Kemungkinan ledakan itu merupakan menciptakan planet tersebut berwujud demikian.

Sumber : Bisnis.com