Arahan Presiden Jokowi, Virus Covid-19 akan Hidup Cukup Lama 

Presiden Joko Widodo didampingi Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin meninjau vaksinasi Covid/19 massal di Istora Senayan, Jakarta, Kamis 4 Februari 2021 / Sekretariat Presiden
09 Agustus 2021 22:27 WIB Feni Freycinetia Fitriani News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Pemerintah memutuskan memperpanjang PPKM Level 4 Jawa-Bali hingga 16 Agustus 2021. Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin mengatakan mendapat arahan langsung dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang menyebutkan bahwa masyarakat Indonesia akan hidup cukup lama dengan virus Covid-19.

"Bapak Presiden [Jokowi] memberikan arahan bahwa ke depannya mungkin besar bahwa virus ini [Covid-19] akan hidup cukup lama dengan kita. Maka dari itu, kita harus memiliki roadmap kalau memang virus ini hilangnya membutuhkan waktu sampai tahunan," katanya dalam konferensi pers daring, Senin (9/8/2021). 

Menurut Budi Gunadi, Presiden Jokowi mengingatkan agar protokol kesehatan yang dimiliki saat ini bisa menjaga masyarakat untuk tetap hidup normal menjalankan aktivitas ekonomi. Namun, dengan kondisi yang lebih aman. 

Baca juga: Sah! PPKM Level 4 Jawa-Bali Diperpanjang hingga 16 Agustus 2021

Selain itu, Budi Gunadi juga mengatakan siap melakukan instruksi Menko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Panjdaitan serta Menko Perekonomian Airlangga Hartarto. 

"Untuk arahan Bapak-bapak Menko, kami akan segera pilot project yang mengatur secara digital penerapan prokes di 6 aktivitas utama," jelasnya. 

Kedua menteri tersebut, kata Menkes, mengarahkan agar protokol kesehatan yang nantnya mendampingi kehidupan masyarakat ke depan benar-benar bisa praktis, bisa juga digital atau berbasis information technology, dan bisa mengamankan kehidupan kita sehari-hari. 

Baca juga: Jalan Menuju Objek Wista di Bantul Diusulkan Disekat

Bukan itu saja, Budi Gunadi mengatakan Presiden Jokowi telah memutuskan nantinya akan menggunakan Pedulilindungi sebagai dasar penerapan protokol kesehatan. 

"Kita rencana mulai [pilot project] minggu depan, mulai beberapa mal bekerja sama dengan asosiasi mall di indonesia," jelasnya. 

Pemerintah memutuskan untuk melakukan uji coba pembukaan pusat perbelanjaan atau mal pada perpanjangan PPKM di kawasan level 4. Selama periode 10 sampai 16 Agustus, pusat perbelanjaan diizinkan menerima pengunjung.

Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan pembukaan akan dilakukan secara bertahap di beberapa daerah-daerah level 4.

“Dalam perpanjangan PPKM mulai 10 Agustus ini, terdapat dua roadmap yang disesuaikan dan diujicobakan, yakni sektor pusat perbelanjaan atau mal dan sektor nonesensial berbasis ekspor dan penunjangnya,” kata Luhut dalam konferensi pers virtual, Senin (9/8/2021).

Sumber : Bisnis.com