Antusiasme Warga Harus Dimanfaatkan untuk Percepatan Vaksinasi

Ilustrasi vaksinasi Covid-19. - Harian Jogja/Desi Suryanto
27 Juli 2021 08:57 WIB Newswire News Share :

Harianjogja.com, JOGJA—Antusiasme warga Kota Jogja untuk melaksanakan vaksinasi sangat besar seiring meningkat kasus positif Covid-19. Pemerintah diminta untuk memanfaatkannya seiring telah berjalannya program Merdeka Vaksin untuk mencapai herd immunity pada Agustus 2021 mendatang.

Anggota Fraksi PKS DPRD Kota Jogja Nurcahyo Nugroho mengatakan berdasarkan pengamatannya di sejumlah sentra vaksinasi minat warga Kota Jogja untuk divaksin sangat tinggi. Terbukti mereka yang datang ke lokasi sangat banyak.

BACA JUGA : Dinkes Gunungkidul Targetkan Vaksinasi 4.000 Warga per Hari

“Termasuk yang di lokasi peluncuran Merdeka Vaksin ini, warga juga sangat antusias untuk mengikuti. Kami lihat di GL Zoo yang pendaftarannya lewat aplikasi Jogja Smart Service ini juga banyak pendaftarnya,” katanya Senin (26/7/2021).

Anggota Pansus Pengawasan Penanganan Covid-19 ini menambahkan pemerintah harus mampu memanfaatkan antusiasme masyarakat tersebut dengan menambah berbagai fasilitas penunjang vaksinasi. Sehingga vaksinasi ini bisa dipercepat terutama untuk menuju target 70% warga Kota Jogja telah divaksin pada HUT Kemerdekaan RI 17 Agustus 2021.

"Target 17 Agustus 70 persen penduduk kota sudah vaksin harus bisa tercapai. Warga sangat antusiasi dan ini harus ditangkap dengan memfasilitasinya. Saya kira target itu realistis, jika tidak bisa di tanggal 17, sekitar 30 Agustus bisa tercapai,” katanya. 

BACA JUGA : Percepat Vaksinasi, DIY Targetkan 70% Warga Divaksinasi pada September

Gerakan Merdeka Vaksin diluncurkan secara serentak di tiga kemantren di Kota Jogja, yaitu Tegalrejo, Mergangsan dan Danurejan. Program ini diharapkan dapat dilanjutkan di 11 kecamatan yang akan memberikan layanan vaksinasi setiap hari. Jumlah penduduk Kota Jogja yang memenuhi syarat untuk vaksinasi atau berusia 12 tahun ke atas berjumlah 352.599 orang. Adapun pencapaian vaksinasi Covid-19 saat ini di angka 32,1% atau sekitar 113.200 orang.

“Kalau dari data ketercapaian vaksin memang untuk warga Kota Jogja belum sampai 50 persen, karena banyak yang ikut vaksin juga dari luar Kota Jogja. Semoga dengan adanya program merdeka vaksin ini bisa mempercepat warga Kota Jogja mendapatkan vaksinasi,” ujarnya.