Kritik PM Modi, Warga India Lambungkan Tagar #ThankYouModiJiChallenge

Warga negara India melakukan aksi protes dengan melakukan ThankYouModijiChallenge - Twitter/@PMNaeem
20 Juli 2021 15:27 WIB Oktaviano DB Hana News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Tanda pagar atau tagar 'Thank You ModiJi Challenge' ramai diunggah warga negara India di sejak Selasa (19/7/2021) waktu setempat.

Unggahan tersebut disertai foto warga negara India yang berpose memberikan hormat atau terima kasih di depan gambar, poster atau baliho bergambar Perdana Menteri India Narendra Modi.

Umumnya, pose itu dilakukan oleh warga negara India di dekat atau di area stasiun pengisian bahan bakar. Pasalnya, aksi tersebut dilakukan sebagai bentuk protes terhadap kebijakan penaikan harga bahan bakar.

Dilansir Sakshi, Tantangan yang viral di media sosial itu menjadi kritik terhadap kebijakan yang baru saja diambil pemerintah India di bawah pimpinan PM Modi.

Aksi itu terutama dilakukan oleh para pemuda, baik laki-laki maupun perempuan. Dalam sejumlah foto yang diunggah, pemrotes tampak berpose di atas kendaraan ke arah gambar PM Modi.

Oposisi India pun memanfaatkan momentum itu dengan melancarkan kritik terhadap PM Modi. Para pemimpin oposisi dalam video yang beredar tampak turun ke jalan dan melakukan aksi protes.

Adapun, aksi #ThankYouModiJiChallenge dinilai menjadi opsi bagi warga negara India dalam melancarkan kritik kepada pemerintah. Pasalnya, warga negara dapat disanksi bila melakukan protes secara langsung.

Sumber : JIBI/Bisnis.com