Pemerintah Minta TNI Bangun Selter untuk Tampung Pasien Covid-19

Ilustrasi - Antara
11 Juli 2021 07:17 WIB Rayful Mudassir News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Pemerintah meminta TNI untuk mendirikan selter tambahan guna membantu merawat pasien Covid-19.

Juru Bicara Kementerian Kominfo Dedy Permadi mengatakan aparat TNI akan membantu penanganan pasien Covid-19 dengan kondisi tidak bergejala atau bergejala ringan.

“Koordinator PPKM Darurat [Luhut B. Pandjaitan] mengatakan agar asisten operasional TNI mengumpulkan data-data kasus positif yang intinya akan dijadikan dasar untuk mendirikan selter atau tempat-tempat perawatan dari TNI,” katanya saat konferensi pers virtual, Sabtu (10/7/2021).

Lebih lanjut, penentuan lokasi shelter nantinya akan ditentukan bersama Kementerian Kesehatan. Upaya ini untuk menghindari tumpang tindih dengan upaya-upaya yang telah dilakukan Puskesmas.

Selain itu, penanganan pasien Covid-19 ini akan didukung oleh dokter dan tenaga kesehatan yang ada. Pemerintah juga akan menambah tenaga kesehatan dan dokter yang tengah menjalani masa pendidikan.

“TNI juga diberikan amanat untuk mendistribusikan paket obat yang sudah disediakan oleh kementerian BUMN,” tambah Dedy.

Kata dia, Koordinator PPKM darurat juga memberikan arahan kepada TNI dan Polri untuk memetakan peluang penambahan tempat perawatan baik untuk solasi mandiri maupun untuk perawatan intensif. Penambahan ini rencananya dilakukan di seluruh Jawa - Bali maupun luar Jawa - Bali.

“Diharapkan seluruh komando daerah militer atau kodam beserta jajarannya memberikan opsi penambahan rumah sakit dengan segera,” terangnya.

Sumber : bisnis.com