Indonesia Punya Stok Vaksin 99 Juta Dosis, Kemenkes Yakin Target Tercapai

Gubernur DKI Jakarta DKI Jakarta Anies Baswedan bersama Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadil Imran dan Pangdam Jaya Mayjen TNI Mulyo Aji menyaksikan vaksinasi Covid-19 untuk anak-anak di SMAN 20 Jakarta, Kamis (1/7/2021). - Antara
09 Juli 2021 04:27 WIB Mutiara Nabila News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA – Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kementerian Kesehatan Siti Nadia Tarmidzi mengatakan stok vaksin Covid-19 di Indonesia cukup banyak dan bisa mencapai target-target vaksinasi pada Juli dan Agustus.

Nadia mengatakan, sejak awal mulai vaksinasi hingga saat ini, Indonesia sudah menerima 99 juta dosis vaksin. Adapun, pada Juli sendiri Indonesia akan menerima sekitar 31 juta dosis.

"Vaksinasi harus segera diperluas dan diperbanyak. Stok kita cukup banyak, itu kenapa kita kemudian harus bisa akselerasi vaksinasi ini, karena semakin banyak orang yang sudah mendapatkan vaksin, semakin kecil risiko penularan terjadi. Harapannya makin berkurang munculnya varian-varian baru,” kata Nadia, Kamis (8/7/2021).

Dia menjelaskan, vaksinasi merupakan salah satu upaya untuk mengendalikan laju penularan Covid-19. WHO sendiri mengatakan agar vaksinasi di seluruh negara di dunia diakselerasi. Karena, jika semakin banyak orang yang terinfeksi, varian baru akan terus bermunculan.

Lalu, terkait banyaknya varian yang bermunculan, Dokter dan influencer Alghufron menjelaskan bahwa efektivitas vaksin terjaga apabila sudah dapat 2 suntikan.

“Jadi nggak usah khawatir ngaruh nggak sih vaksin karena udah ada varian baru. Karena basic-nya segala varian bisa diatasi dengan 3M [memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak], vaksin, dan 3T [testing, tracing, treatment],” jelas Alghufron.

Dia mengimbau, jika ada kesempatan vaksinasi, ambil sesegera mungkin, dan jangan sampai terlewat.

Sumber : JIBI/Bisnis.com