Advertisement

Salurkan Bantuan TJSL, PLN Dorong Pengembangan Desa Wisata Kebumen

Media Digital
Minggu, 27 Juni 2021 - 06:07 WIB
Budi Cahyana
Salurkan Bantuan TJSL, PLN Dorong Pengembangan Desa Wisata Kebumen PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Purwokerto melalui Program Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL) PLN Peduli menyalurkan bantuan pembangunan Desa Wisata Kebumen, Kecamatan Baturraden Tahap II pada Kamis (24/6/2021). - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, PURWOKERTO—PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Purwokerto melalui Program Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL) PLN Peduli menyalurkan bantuan pembangunan Desa Wisata Kebumen, Kecamatan Baturraden Tahap II pada Kamis (24/6/2021).

Manager PLN UP3 Purwokerto Adi Dwi Laksono mengatakan pemberian bantuan yang dilakukan ini merupakan program lanjutan yang diberikan di tahun 2020 lalu. Bantuan tahap pertama tersebut digunakan untuk pembangunan gerbang dan fasilitas pendukung lainnya.

Advertisement

Dukungan PLN ini diberikan untuk pemberdayaan masyarakat di bidang pariwisata sehingga diharapkan meningkatkan perekonomian masyarakat yang mana sesuai dengan SDGs nomor 8 yaitu pekerjaan layak dan pertumbuhan ekonomi.

"Desa Kebumen punya beberapa potensi yang dapat dikembangkan terutama dari sisi wisata," katanya.

Potensi tersebut antara lain, adanya saluran irigasi yang mengalir sepanjang tahun dapat digunakan untuk wisata tubing. Selanjutnya landscape persawahan, dengan pemandangan kota jadi daya tarik wisata keluarga baik siang ataupun malam hari.

Pada program tahap II ini rencananya akan dibangun fasilitas umum berupa mushola dan camping ground yang dilengkapi dengan lampu-lampu, sehingga berkemah di Desa WIsata Kebumen akan terasa menyenangkan terutama di malam hari.

"Ini juga sejalan dengan pencapaian CSV PLN yaitu peningkatan pemakaian kWh. Peningkatan pemakaian listrik ini tentunya juga dibarengi dengan pelayanan dan kesan yang didapatkan oleh para pengunjung," imbuh Adi.

Sementara itu, Kepala Desa Kebumen S. Sukisno sangat mengapresiasi bantuan yang diberikan oleh PLN. Bantuan PLN Peduli nantinya akan digunakan untuk pengembangan Desa Wisata Kebumen Tahap II.

"Saya mengucapkan terima kasih atas bantuan yang diberikan, bantuan tahap pertama sudah digunakan untuk membangun gapura. Tahap kedua kita akan gunakan untui membangun fasilitas tambahan," ungkap Sukino.

Dalam rangka mendukung CSV lainnya, seluruh pengelola Desa WIsata Kebumen diwajibkan menginstal aplikasi PLN Mobile dan merekomendasikan kepada para pengunjung. Dengan PLN Mobile, segala kemudahan layanan terkait kelistrikan bisa dilakukan dengan cepat dan sangat mudah. (ADV)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Lomba Dirikan Tenda Darurat Meriahkan HUT Ke-20 Tagana

Jogja
| Sabtu, 20 April 2024, 16:47 WIB

Advertisement

alt

Kota Isfahan Bukan Hanya Pusat Nuklir Iran tetapi juga Situs Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Jum'at, 19 April 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement