Advertisement

Kenali Ivermectin: Obat Terapi Covid-19 Seharga Rp5.000

Yuliana Hema
Selasa, 22 Juni 2021 - 21:17 WIB
Bhekti Suryani
Kenali Ivermectin: Obat Terapi Covid-19 Seharga Rp5.000 Obat cacing ivermectine. - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA -Ivermectin menjadi salah satu obat untuk terapi pasien Covid-19 dengan harga terjangkau.

PT Indofarma Tbk (INAF) resmi memproduksi obat Ivermectin yang akan digunakan untuk terapi pasien yang terpapar Covid-19.

Advertisement

Obat Ivermectin ini diresmikan langsung oleh Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir pada Senin (21/06/2021). Ivermectin ini juga telah mendapatkan surat izin edar dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

Anda penasaran dengan manfaat obat ini? Berikut 5 fakta mengenai Ivermectin. Obat cacing yang digunakan untuk terapi Covid-19 dengan harga jual hanya Rp5.000 saja!

1. Bukan Obat Covid-19
Menteri BUMN, Erick Thohir menegaskan ivermectin merupakan “obat terapi” penyembuhan pasien virus Corona, bukan obat untuk menyembuhkan Covid-19.

2. Diproduksi Indofarma
Obat Ivermectin diproduksi oleh PT Indofarma Tbk. (INAF). Obat ini akan jual dalam rentang Rp5.000-Rp7.000 per tablet. Saat ini, Ivermectin tengah berada dalam fase uji stabilitas di laboratorium.

3. Obat Cacing
Ivermectin kaplet 12 mg terdaftar di Indonesia untuk indikasi infeksi kecacingan atau Strongyloidiasis dan Onchocerciasis. Obat ini diberikan dalam dosis tunggal 150-200 mcg/kg Berat Badan dengan pemakaian satu tahun sekali.

4. Masuk Golongan Obat Keras
BPOM menyatakan bahwa Ivermectin merupakan obat keras. Dengan demikian, pembeliannya harus dengan resep dokter dan penggunaannya di bawah pengawasan dokter.

5. Efek Samping
Jika mengonsumsi Ivermectin tanpa indikasi medis dan tanpa resep dokter dalam jangka waktu panjang dapat mengakibatkan efek samping. Pasien bisa mengalami gejala seperti nyeri otot/sendi, ruam kulit, demam, pusing, sembelit, diare, mengantuk, dan Sindrom Stevens-Johnson.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Kembali Tampil di Pilkada Gunungkidul Tahun Ini, Ini Gagasan yang Diusung Sutrisna Wibawa

Gunungkidul
| Jum'at, 29 Maret 2024, 20:17 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement