Advertisement

Baru 9 Persen Warga RI Terima Vaksin Covid-19, Prokes Harus Dipatuhi

Muhammad Khadafi
Minggu, 23 Mei 2021 - 17:17 WIB
Nina Atmasari
Baru 9 Persen Warga RI Terima Vaksin Covid-19, Prokes Harus Dipatuhi Ilustrasi petugas kesehatan mempersiapkan vaksin Covid-19. - Antara

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA — Indonesia sudah melakukan vaksinasi Covid-19 sebanyak 24.431.758 kali Per 21 Mei 2021. Sebanyak 14.685.236 orang  di antaranya sudah menerima vaksin dosis pertama dan 9.746.522 orang yang sudah menyelesaikan vaksin dosis kedua.

Satgas Covid-19 mengingatkan masyarakat jangan sampai kendor dalam penerapan protokol kesehatan.

Advertisement

Selama indonesia belum mencapai herd immunity (kekebalan kelompok), risiko penularan Covid-19 tetap tinggi. Kekebalan kelompok dapat tercapai setelah 70 persen dari populasi Indonesia atau 181,5 juta warga RI telah menerima vaksinasi. 

"Ingat selalu untuk tetap disiplin 3M, memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan pakai sabun," mengutip situs covid19.go.id, Minggu (23/5/2021).

Baca juga: Hingga 23 Mei 2021, Sudah 63 Stasiun KAI Layani GeNose C19

Sementara itu, menurut Ketua Kelompok Kerja Infeksi Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PDPI) Erlina Burhan, vaksin dosis lengkap saja belum mampu memberikan perlindungan maksimal terhadap infeksi Covid-19 di Tanah Air.

Vaksinasi perlu diikuti oleh penerapan protokol kesehatan yang terdiri dari 5M, yakni menggunakan masker, mencuci tangan dengan sabun, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, dan mengurangi mobilitas.

“Jangan euforia setelah divaksin, karena vaksin enggak 100 persen memberi kekebalan,” katanya, Jumat (21/5/2021).

Baca juga: 3 Bulan Terakhir, Angka Kematian Akibat Covid-19 di Kulonprogo Terus Meningkat

Lebih lanjut, Erlina menjelaskan bagaimana vaksin bekerja memberikan kekebalan tubuh terhadap Covid-19. Dia menganalogikan vaksin yang disuntikkan ke dalam tubuh seperti tentara. Ketika dosis lengkap sudah diterima, maka tentara yang ada di dalam tubuh untuk memerangi infeksi Covid-19 makin banyak dan siap memberikan proteksi maksimal.

“Jadi vaksinasi itu tujuannya melatih sistem imun kalau ada benda asing masuk. Analoginya setelah dosis lengkap tentara yang memberikan proteksi sudah maksimal. Tetapi jadi masalah ketika mereka yang sudah divaksinasi dosis lengkap tapi tidak menggunakan masker, virus yang menginfeksi tentu bisa makin banyak. Kondisi tentara akan keletihan dan habis sangat mungkin terjadi,” tuturnya.

#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #jagajarakhindarikerumunan #cucitangan #cucitangandengansabun

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal Bus Damri dari Jogja-Bandara YIA, Bantul, Sleman dan Sekitarnya

Jogja
| Jum'at, 29 Maret 2024, 04:37 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement