DPRD DIY Ingatkan Kesejahteraan Petugas Pos Perbatasan

Komisi A DPRD DIY saat melakukan rapat di DPRD DIY. - Ist/DPRD DIY.
11 Mei 2021 10:07 WIB Sunartono News Share :

Harianjogja.com, JOGJA—Komisi A DPRD DIY mengingatkan pentingnya untuk memberikan kesejahteraan dan perlindungan bagi petugas yang berjaga di setiap pos perbatasan untuk melakukan penyekatan bagi pengendara yang keluar masuk ke DIY. Para petugas dinilai memiliki risiko yang besar dalam menjalankan aktivitasnya di lapangan.

Ketua Komisi A DPRD DIY Eko Suwanto menilai perlindungan dan kesejahteraan harus menjadi perhatian bagi Pemda DIY kepada para petugas yang berjaga di lapangan. Sesuai dengan arahan dari Pemerintah Pusat para petugas ini mulai melakukan penjagaan saat sepekan sebelum diberlakukannya larangan mudik hingga sepekan setelah diberlakukan larangan.

“Karena mereka bersentuhan langsung dengan masyarakat sehingga perlindungan dan kesejahteraan ini harus menjadi perhatian, mereka risikonya sangat besar, ada beberapa pemudik yang nekat menerobos sampai menabrak petugas, perlindungan ini sangat penting,” kata politikus PDIP ini di DPRD DIY, Selasa (11/5/2021).

Eko menambahkan para petugas tersebut berjaga di perbatasan DIY demi keselamatan seluruh warga DIY dari penyebaran Covid-19. Di sisi lain, mereka juga sangat rentan tertular Covid-19. Sehingga harus diberikan fasilitas memadai saat bertugas, seperti alat pelindung diri (APD).

“Karena mereka para petugas ini mendedikasikan tugasnya untuk keselamatan seluruh masyarakat, mencegah terjadinya penularan. Maka fasilitasi harus diberikan baik dari sisi makanan dan minuman berkualitas sert alat pelindung diri di setiap cek poin intinya perlu APD yang baik dan berkualitas,” ujarnya.

Eko menegaskan, DPRD DIY mendukung langkah penganggaran yang dibutuhkan Pemda DIY untuk penyempurnaan perbatasan demi mencegah penularan Covid-19. “Pada prinsipnya perlu ada penyempurnaan, perbatasan harus menjadi salah satu atensi bagi pemda sampai Covid-19 ini benar-benar reda,” ujarnya.