Advertisement

DPRD DIY Ingatkan Kesejahteraan Petugas Pos Perbatasan

Sunartono
Selasa, 11 Mei 2021 - 10:07 WIB
Sunartono
DPRD DIY Ingatkan Kesejahteraan Petugas Pos Perbatasan Komisi A DPRD DIY saat melakukan rapat di DPRD DIY. - Ist/DPRD DIY.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Komisi A DPRD DIY mengingatkan pentingnya untuk memberikan kesejahteraan dan perlindungan bagi petugas yang berjaga di setiap pos perbatasan untuk melakukan penyekatan bagi pengendara yang keluar masuk ke DIY. Para petugas dinilai memiliki risiko yang besar dalam menjalankan aktivitasnya di lapangan.

Ketua Komisi A DPRD DIY Eko Suwanto menilai perlindungan dan kesejahteraan harus menjadi perhatian bagi Pemda DIY kepada para petugas yang berjaga di lapangan. Sesuai dengan arahan dari Pemerintah Pusat para petugas ini mulai melakukan penjagaan saat sepekan sebelum diberlakukannya larangan mudik hingga sepekan setelah diberlakukan larangan.

Advertisement

“Karena mereka bersentuhan langsung dengan masyarakat sehingga perlindungan dan kesejahteraan ini harus menjadi perhatian, mereka risikonya sangat besar, ada beberapa pemudik yang nekat menerobos sampai menabrak petugas, perlindungan ini sangat penting,” kata politikus PDIP ini di DPRD DIY, Selasa (11/5/2021).

Eko menambahkan para petugas tersebut berjaga di perbatasan DIY demi keselamatan seluruh warga DIY dari penyebaran Covid-19. Di sisi lain, mereka juga sangat rentan tertular Covid-19. Sehingga harus diberikan fasilitas memadai saat bertugas, seperti alat pelindung diri (APD).

“Karena mereka para petugas ini mendedikasikan tugasnya untuk keselamatan seluruh masyarakat, mencegah terjadinya penularan. Maka fasilitasi harus diberikan baik dari sisi makanan dan minuman berkualitas sert alat pelindung diri di setiap cek poin intinya perlu APD yang baik dan berkualitas,” ujarnya.

Eko menegaskan, DPRD DIY mendukung langkah penganggaran yang dibutuhkan Pemda DIY untuk penyempurnaan perbatasan demi mencegah penularan Covid-19. “Pada prinsipnya perlu ada penyempurnaan, perbatasan harus menjadi salah satu atensi bagi pemda sampai Covid-19 ini benar-benar reda,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Daftar Tarif Tol Trans Jawa untuk Mudik Lebaran 2024, Jakarta-Jogja Rp507 Ribu

Jogja
| Jum'at, 29 Maret 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement