51% Penerima Beasiswa LPDP adalah Perempuan

LPDP - lpdp
11 Mei 2021 15:17 WIB Dany Saputra News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA – Program beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) dibuka lagi untuk tahun 2021.

Pembukaan beasiswa akan dilaksanakan dua kali pada periode Mei untuk Tahap I dan akan kembali dibuka pada bulan Juni untuk Tahap II.

Pada pembukaan tahap I di tahun ini, masyarakat dapat mendaftarkan diri pada berbagai kategori beasiswa yang telah disiapkan dari tanggal 4 Mei hingga 4 Juni 2021. Proses seleksi hingga penentuan Awardee terpilih akan berlangsung hingga 25 Agustus 2021 sesuai dengan informasi dan panduan resmi yang dapat masyarakat akses pada laman www.lpdp.kemenkeu.go.id.

Direktur Utama LPDP Andin Hadiyanto mengatakan beasiswa LPDP diharapkan mampu meruntuhkan berbagai tembok penghalang yang menghambat putera-puteri terbaik bangsa dalam mengakses pendidikan unggul dunia baik hambatan yang bersifat struktural, kultural, maupun spasial.

“Dari segi keadilan gender misalnya, statistik menunjukan lebih dari 51 persen Awardee LPDP adalah perempuan, afirmasi terhadap putera-puteri daerah tertinggal maupun Indonesia Timur yang sebelumnya terkesan jauh dari sorot pembangunan kini juga telah terbuka, pun dengan saudara-saudara penyandang disabilitas punya kesempatan yang sama untuk mengangkat potensi diri dan ikut menjadi solusi pembangunan bangsa,” tulis Humas LPDP dalam siaran pers yang dikutip JIBI, Selasa (11/5/2021).

Direktur Beasiswa LPDP Dwi Larso lalu menambahkan, laporan total Dana Abadi yang dikelola saat ini telah mencapai lebih dari Rp70 Triliun dan telah digunakan untuk mendanai beasiswa bagi 27,995 pelajar Indonesia untuk mengenyam pendidikan unggul di dalam maupun luar negeri.

Sejalan dengan hal tersebut, LPDP menyelanggarakan webinar berjudul “Beasiswa LPDP 2021: Wujudkan Visi SDM Unggul Indonesia melalui Pendidikan Terbaik Dunia”. Acara tersebut dihadiri langsung oleh Direktur Utama LPDP Andin Hadiyanto dan Direktur Beasiswa LPDP Dwi Larso sebagai narasumber.

Tujuannya, untuk memaparkan kebijakan beasiswa saat ini serta menjawab berbagai pertanyaan peserta terkait substansi kebijakan maupun teknis seleksi program beasiswa.

Acara tersebut diharapkan dapat menguatkan komitmen dan semangat para calon Awardee untuk memantaskan diri dalam seleksi Beasiswa LPDP 2021.

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia