Pangeran Philip, Putra Bangsawan Yunani yang Persunting Putri Kerajaan Inggris

Pangeran Phillip - istimewa
10 April 2021 02:37 WIB Rezha Hadyan News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Suami dari Ratu Elizabeth II, Pangeran Philip meninggal dunia dalam usia 99 tahun pada Jumat (9/4/2021) waktu Inggris.

Pangeran Philip meninggal dunia setelah beberapa pekan lalu sempat mendapatkan perawatan akibat infeksi dan penyakit jantung yang dideritanya. Tidak dijelaskan infeksi apa yang dialami, akan tetapi Kerajaan Inggris menegaskan infeksi tersebut tak terkait dengan Covid-19.

Pangeran Philip atau Duke of Edinburgh earl of Merioneth and Baron Greenwich lahir pada 10 Juni 2021 di Corfu Yunani. Dia lahir dari keluarga bangsawan di negara tersebut.

Ayahnya adalah Pangeran Andrew dari Yunani, putra bungsu dari Raja George I dari Yunani atau Prince William dari Denmark dan Norwegia. Sementara ibunya, Putri Alice adalah putri dari Lord Louis Mounbatten dan cicit dari Ratu Victoria.

Pangeran menikah dengan Elizabeth Alexandra Mary atau Ratu Elizabeth II pada 1947. Kala itu dia masih menyandang status putri dan baru diangkat menjadi Ratu Inggris lima tahun setelahnya.

Pangeran Philip merupakan sepupu jauh dari Ratu Elizabeth II. Mereka berdua sudah bertemu sejak kecil, bahkan permaisuri terlama dalam sejarah Kerajaan Inggris itu mengaku telah jatuh cinta dengan Pangeran Philip di usianya yang ke 13.

Pangeran Philip dan Ratu Elizabeth II dikaruniai empat anak, delapan cucu dan 10 cicit.

Putra pertama mereka, Pangeran Wales, Pangeran Charles, lahir pada tahun 1948, diikuti oleh saudara perempuannya, Putri Kerajaan, Putri Anne, pada tahun 1950, Adipati York, Pangeran Andrew, pada tahun 1960 dan Earl of Wessex, Pangeran Edward, pada tahun 1964.

Sumber : bisnis.com