Advertisement

Naik 1.000 Persen, Warga Ibu Kota Kini Makin Banyak Bersepeda

Rahmi Yati
Kamis, 25 Maret 2021 - 19:27 WIB
Bhekti Suryani
Naik 1.000 Persen, Warga Ibu Kota Kini Makin Banyak Bersepeda Jalur sepeda permanen dari Jalan Sudirman hingga Jalan MH Thamrin mengacu pada UU No. 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. JIBI - Bisnis/Nancy Junita @dishubdki

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta mendapati fakta bahwa jumlah pesepeda selama pandemi Covid-19 bertumbuh hingga 1.000 persen.

Hal itu disampaikan Kepala Bidang Angkutan Jalan Dishub DKI Jakarta Susilo Dewanto dalam webinar bertajuk Implementasi Transportasi Berkelanjutan yang digelar secara virtual oleh Pusat Pengembangan SDM Aparatur Perhubungan, Kementerian Perhubungan.

Advertisement

"Saat bersamaan dengan pandemi ternyata membuat pesepeda itu tumbuh menjadi hingga 1.000 persen dari yang semula sebelum pandemi," katanya, Kamis (25/3/2021).

Melihat hal ini, dia berharap ke depannya masyarakat khususnya warga DKI Jakarta dapat terus beraktivitas menggunakan sepeda sebagai alat transportasi, bukan sekadar tren.

"Mudah-mudahan setelah pandemi ini berakhir [masyarakat] akan terus melakukan aktivitas dengan bersepeda," ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut, dia juga menuturkan bahwa kota Jakarta terus mengalami dinamika terutama berkaitan dengan angkutan perkotaan. Hal itu juga menuntut pemerintah melakukan suatu perubahan kebijakan.

Menurutnya telah terjadi perubahan mendasar dari semula mengutamakan kendaraan bermotor, sekarang lebih mengutamakan mobilitas orangnya. Salah satunya dengan mendorong penggunaan kendaraan tidak bermotor seperti sepeda.

"Tentunya ini harus juga bersama-sama, bukan hanya pemerintah saja namun dengan warga, masyarakat, dan stakeholder," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Advertisement

alt

Tingkatkan Daya Saing, Pemkot Jogja Dorong Sertifikasi dan Legalitas Produk UMKM

Jogja
| Sabtu, 20 April 2024, 11:17 WIB

Advertisement

alt

Kota Isfahan Bukan Hanya Pusat Nuklir Iran tetapi juga Situs Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Jum'at, 19 April 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement