Wapres Sebut Ada Kemungkinan Mudik Lebaran 2021 Dilarang

Wakil Presiden Ma'ruf Amin - Antara/Aditya Pradana Putra
22 Maret 2021 16:27 WIB Nindya Aldila News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Wakil Presiden Ma’ruf Amin mengatakan ada kemungkinan mudik Lebaran 2021 akan dilarang.

Hal tersebut diungkapkan dalam kunjungan kerja ke Lampung pada Senin (22/3/2021). Hingga saat ini pemerintah belum memutuskan boleh atau tidaknya mudik Lebaran 2021.

“Kalau dampaknya akan besar, pasti akan dilarang. Kalau memang bisa diminimalkan tentu ada caranya, tetapi putusannya nanti saya kira, mana yang terbaik,” katanya.

Kendati menjadi tradisi, Wapres menilai pemerintah akan mempertimbangkan aspek kesehatan masyarakat untuk mengambil keputusan terkait aktivitas massa tersebut.

“Mudik itu tradisi masyarakat kita, tetapi ada bahaya yang kita hadapi kalau itu kita buka, karena itu nanti pertimbangannya seperti apa, nanti dilakukan rapat kabinet,” lanjutnya.

Dalam rapat bersama komisi V DPR pada 16 Maret lalu, Menteri Perhubungan Budi Karya bakal memperketat syarat perjalanan sebagai langkah antisipasi aktivitas mudik pada Idulfitri 2021.

Di antaranya adalah mempersingkat masa berlaku alat skrining Covid 19 seperti GeNose, Rapid Test, atau PCR Test, wajib memakai masker, melaksanakan jaga jarak, melakukan desinfeksi prasarana/sarana, pemberlakuan pembatasan penumpang dan pengaturan jadwal layanan.

Kendati demikian, Menhub mengaku tidak berkapasitas memutuskan melarang atau mengizinkan masyarakat mudik pada tahun ini karena harus diputuskan bersama Kementerian/Lembaga terkait dan Satgas Covid-19

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia