Turki Informasikan Ibadah Umrah di Arab Saudi Ditutup hingga Idulfitri

Umat muslim memakai masker pelindung, menyusul penularan virus corona baru, saat mereka beribadah di Ka'bah di Mesjid Raya, kota suci Mekah, Arab Saudi, Selasa (3/3/2020). - Antara
10 Maret 2021 11:17 WIB Fatkhul Maskur News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Pandemi Corona yang belum mereda membuat otoritas Arab Saudi menunda ibadah umrah setelah libur lebaran Idulfitri tahun. Keputusan ini dilakukan untuk percepatan normalisasi pascapandemi yang lebih lamban.

Informasi penundaan akses tersebut disampaikan pejabat agama Turki melalui pernyataan yang dikutip Antara, Selasa (9/3/2021).

Idulfitri dilaksanakan setelah bulan suci Ramadan, yang tahun ini berakhir pada pertengahan Mei.

Direktorat Agama Turki mengeluarkan pernyataan tersebut sebagai respons atas berbagai pertanyaan dari masyarakat mengenai haji dan umrah tahun ini, setelah ibadah keduanya ditiadakan sementara tahun lalu akibat pandemi Covid-19.

Baca juga: Pemkab Minta Gugus Tugas Covid-19 di Kalurahan Awasi Kegiatan Warga

Disebutkan pula bahwa perundingan dengan Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi untuk 2021 masih berlangsung dan setiap keputusan yang telah ditetapkan otoritas akan diumumkan kepada masyarakat.

Pemerintah Arab Saudi sempat menutup akses untuk melakukan ibadah umrah bagi jemaah Indonesia pada 27 Februari 2020 untuk mencegah penyebaran Covid-19 yang saat itu baru mewabah di dunia.

Akses itu kemudian dibuka pada November 2020. Belum genap tiga bulan sejak dibuka, Saudi kembali menutup akses umrah bagi jemaah Indonesia pada 4 Februari 2021.

Sumber : Bisnis.com